Bengkulu, Relawan.id- Akademi Relawan Indonesia besutan Masyarakat ReIawan Indonesia (ARI-MRI) bersama Disaster Management Institute of Indonesia (DMII), kembali mengadakan pelatihan & pendidikan relawan untuk 100 relawan siaga bencana.

Kegiatan yang bernama Volunteer Camp Series: Disaster Management Basic Training (DMBT) bertujuan untuk terus menguatkan dan membangun kesiap-siagaan relawan dalam mengambil peran di berbagai potensi kebencanaan di Indonesia. 

“Kita tidak berharap bencana akan hadir, tapi kita terus menyiapkan relawan yang siap diterjunkan dalam berbagai bencana alam yang dapat terjadi di kemudian hari,” kata Kepala ARI, Andri Perdana kepada relawan.id, Kamis (31/1/2019).

Kegiatan Volunteer Camp Series DMBT kali ini diadakan 31 Januari – 3 Februari 2019 di Kepahiang, Bengkulu dan diikuti oleh relawan MRI-ACT dari Jambi, Riau, Sumbar, Sumsel, Lampung dan tuan rumah Bengkulu.

Event di Bengkulu ini merupakan Batch ke-V untuk wilayah Sumatera bagian Selatan. Sebelumnya kegiatan serupa telah dilaksanakan di Jawa bagian Barat, Jawa bagian Timur dan Sumatera bagian Utara,” jelas Andri.

Dia juga berharap, melalui Volunteer Camp Series DMBT, relawan tanggap bencana yang tangguh dapat tersebar di Indonesia.

“Semoga Allah senantiasa meridhoi dan menguatkan langkah kita dalam berbagai aksi kemanusiaan,” pungkasnya. (DST)