Sejak Semalam, Relawan MRI Berjibaku Bantu Warga Korban Banjir Sentani

Sentani, relawan.idMerespon banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura, relawan MRI-ACT langsung bergerak. Ahad dinihari, 17 Maret 2019, pukul 02.00 WIT relawan MRI sudah berada di lokasi.

“Pagi tadi kami membagikan 50 bungkus makanan siap santap, karena itu yang paling dibutuhkan warga korban banjir,” kata Relawan MRI di Sentani, Hariyono kepada relawan.id.

Siang ini, lanjut dia, rencananya tim relawan yang berjumlah lima orang akan kembali mendistribusikan makanan kepada warga. 

“Karena saat ini makanan itu yang dibutuhkan warga, tapi untuk awal ini baru kita distribusikan 100 bungkus makanan, insya Allah akan bertambah lagi,” tambah Hariyo.

MRI juga berusaha berkoordinasi dengan pihak terkait untuk aksi selanjutnya. “Hampir satu kota Sentani terkena semua, kondisinya lumayan parah, sehingga kami membagi tim. Ada yang distribusi makanan, dan ada yang melakukan asessment serta koordinasi,” jelasnya. 

Sebelumnya, banjir bandang menerjang sembilan kelurahan di Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (16/3) malam. 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan bencana banjir terjadi pada pukul 21.30 WIT.

Banjir diperkirakan terjadi akibat tingginya intensitas hujan yang mengguyur Kecamatan Sentani pada Pukul 18.00 WIT.

DST/REL