MRI Sumbar Gelar Humanity Talk Show

Padang, relawan.id- Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat menggelar acara Talk Show, “Tell Humanity to the World” di Gubuk Coffee Kuranji, Padang (16/03). Acara yang dimulai pukul 20.30 WIB ini dihadiri lebih dari 200 peserta yang terhimpun dari 30 komunitas/organisasi di Kota Padang.

Talk show ini dilaksanakan sebagai sarana sosialisasi isu kemanusiaan kepada generasi muda di Kota Padang serta diiringi dengan aksi penggalangan dana untuk sahabat kita yang terkena aksi terorisme di New Zealand, Jumat lalu (15/03).

Ahmad Hidayat, Ketua Bidang Pendidikan dan Latihan (Diklat) serta Keanggotaan MRI Sumatera Barat, atau yang biasa dipanggil Coach Dayat, membicarakan tentang bagaimana dasar dari rasa kemanusiaan yang ada pada diri manusia serta makna dibalik setiap aksi kemanusiaan yang kita lakukan.

“Pada dasarnya, seluruh agama mengarahkan umatnya kepada kebaikan. Dan dalam kebaikan itulah tumbuh rasa kemanusiaan,” ujar Coach Dayat pada awal acara.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa setiap aksi kemanusiaan yang dilakukan suatu lembaga atau komunitas, seperti aksi penggalangan dana, bukanlah bagian dari eksistensi belaka. Tetapi merupakan suatu wujud nyata dari kepeduliannya atas isu kemanusiaan yang terjadi.

Coach Dayat juga menekankan untuk tidak takut atau malu jika ingin berdonasi tetapi nominalnya kecil. “Karena bagi kita nominal tersebut bukanlah seberapa, tapi jika kita kumpulkan dari beberapa orang, maka nominalnya akan menjadi sangat luar biasa dan dapat berguna bagi sahabat kita yang membutuhkan,” jelasnya.

“Sebagai wujud aksi nyata terhadap peristiwa di New Zealand kemaren, ACT-MRI Sumatera Barat telah berkujung ke rumah keluarga dari salah satu korban. Dimana ACT-MRI Sumbar berkomitmen untuk memberangkatkan saudara dari keluarga korban dan membantu dalam penyelesaian paspor serta visa sebelum berangkat. Selain itu juga ada tim dari ACT yang akan mendampingi keluarga dari Padang, selama di New Zealand, hingga kembalinya ke tanah air,” jelas Zeng Welf, Kepala Cabang ACT Sumatera Barat.

Atas niat dan komitmen dari peserta yang hadir, MRI-ACT Sumatera Barat serta seluruhperwakilan komunitas yang hadir siap untuk melaksanakan aksi solidaritas. Dan akan diadakan pertemuan lanjutan terkait aksi ini di Sekretariat MRI Sumatera Barat pada Ahad (17/03).

“Berbuat sesuatu yang baik itu tidak perlu ditunda-tunda. Karena sebaiknya dilakukan secepat mungkin. Jika tidak bisa dengan bantuan secara materil, kita bisa membantu melalui usaha. Jadi jangan ditunggu, jangan ditunda, tapi bergeraklah dari sekarang utntuk membantu saudar-saudara kita. Dan kami dari MRI-ACT Sumatera Barat, siap menjadi penjembatan untuk menyalurkan bantuan yang telah dikumpulkan ke sahabat- sahabat kita yang membutuhkan,” pungkas Zeng.

Kiriman humas MRI Sumatera Barat