Israel Gusur Pemakaman Islam di Kota Al Quds

Al Quds, relawan.id- Para pemukim yahudi dan pasukan Israel melanjutkan penodaan terhadap pemakaman Yusufiyah yang berdekatan dengan pagar kota tua al Quds, dalam rangkaian menghapus symbol arab dan Islam, dan untuk membangun proyek permukiman, dan yahudisasi al Quds.

Ketua komite pemeliharaan pemakaman Islam di kota al Quds, Mushtafa Abu Zahra mengatakan, penjajah Israel mulai memasang keramik di jalan yang menghubungkan antara Burj Qalaq dari arah Timur pagar al Quds sampai kawasan gerbang Ashbat, disebutkan bahwa tanah ini merupakan wakaf milik departemen wakaf Islam, dan bagian pemakaman Yusufiyah bersejarah, sejak kerajaan Mamalik dan awal masa pemerintahan Ayubiyah.

Kepada koresponden Pusat Informasi Palestina, Abu Zahra menyatakan, pasukan Israel telah menggusur lebih dari 40 kuburan dalam beberapa tahun terakhir, di kawasan Utara pemakaman, dan memasang beton di pamakam ini untuk menghapus symbol Islam dan agar tidak digunakan lagi.

 Disebutkan bahwa tersebut diperuntukan bagi para syuhada Palestina dan Jordania tahun 1967, dan saat ini penodaan dan pelanggaran terhadap pemakaman Yusufiyah masih berlangsung, pemakaman dibangun sejak masa dinasti Mamalik, di dalamnya terhadap ribuan jenazah warga, para dai dan para tokoh sejak masa tersebut sampai hari ini.

Penggusuran yang dilakukan pasukan Israel di bagian barat antara pagar al Quds dan pemakaman merupakan perpanjangan dari penodaan yang dilakukan terhadap pemakaman Bab Rahmah yang berdekatan dengan pagar Masjidil Aqsha, dan terus berlanjut sejak satu tahun lalu. Truck- truck besar mengangkut tanah dan batu, dalam rangkaian penggalian arkeologi di sepanjang koridor ini.

Sumber: Palinfo