Indonesia Selamatkan Palestina Bergema di CFD Jakarta

Jakarta, relawan.id- Ratusan relawan dari MRI (Masyarakat Relawan Indonesia) Wilayah Jakarta Raya kembali turun ke jalan dalam rangka menyuarakan dukungannya terhadap rakyat Palestina.

Sejak Ahad (24/03) pagi, para relawan mulai berdatangan di kawasan CFD (Car Free Day) tepatnya di seberang stasiun Sudirman di bilangan Jakarta Pusat. Aksi pagi tadi, setidaknya dihadiri oleh perwakilan dari 16 daerah yang terdiri dari JABODETABEKKAR.

“Selama aksi berlangsung, lima spanduk besar dibentangkan di sisian jalan. Dengan maksud memberikan informasi kepada seluruh warga Jakarta yang pagi itu beraktifitas di kawasan CFD Sudirman,” jelas tim humas MRI Jakarta Raya melalui keterangan tertulisnya.

Puluhan poster, bendera Indonesia dan bendera Palestina disebar dan dikibarkan. Kotak-kotak sunduk dibawa para relawan mengitari area CFD. Menampung tiap-tiap lembar yang diberikan oleh para pengunjung, anak-anak, balita, remaja, dewasa, tak terkecuali para lansia dan paruh baya ikut berdonasi. Di akhir aksi, jumlah donasi terhitung menembus angka 10 juta rupiah.

“Dukungan datang dalam berbagai macam bentuk. Salah satunya melalui karya, tim teatrikal MRI Jakarta Raya pun kembali menampilkan persembahan terbaiknya untuk Palestina,” kata keterangan itu.

Tidak cukup dengan teatrikal, para relawan MRI Jakarta Raya juga aktif memberikan sumbangan berupa pembacaan karya puisi atau syair untuk Palestina. Tak sedikit dari warga yang melintas kemudian terenyuh dan tergerak untuk berdonasi, atau sekadar menandatangani lembar putih berisi petisi dengan judul tagar #IndonesiaSelamatkanPalestina, yang dibentangkan di atas aspal di pagi yang cerah itu.

Aksi ini juga mengkampanyekan program Aksi Cepat Tanggap (ACT), yaitu program Kapal Kemanusiaan untuk Palestina (KKP) ke-2. Sebelumnya, ACT bersama rakyat Indonesia telah melayarkan sebuah Kapal Kemanusiaan untuk Palestina pada Februari 2018 lalu. 2.000 ton beras dilayarkan mengarungi samudera, menghantarkan amanah dan bentuk kepedulian nyata dari rakyat Indonesia untuk tanah yang diberkahi, Palestina.

“Saya mungkin tidak dapat hadir untuk menemani saudara-saudari kita di Palestina, oleh karena itu sebisa mungkin saya mengikuti aksi-aksi seperti ini dalam rangka menunjukkan dukungan untuk rakyat Palestina. Dengan begitu, saya tetap dapat berjuang bersama, meskipun terpisah jarak dan ruang,” ungkap relawan MRI Daerah Kabupaten Bogor, Fida.

Bagi Fida dan relawan-relawan MRI Jakarta Raya lainnya, jarak puluhan kilometer dari kediaman mereka menuju lokasi aksi, merupakan jalan juang yang mereka pilih untuk Palestina yang dicintai.

Seluruh relawan MRI Jakarta Raya berharap, agar ke depannya masyarakat dapat lebih peduli dan mau menunjukkan kepeduliannya untuk Palestina.

Melalui aksi-aksi mereka di jalanan, mereka berharap agar semua elemen masyarakat dapat memberikan kepedulian yang nyata. Menjadi lebih masif untuk mencari tahu, dan menyuarakan tentang kondisi rakyat Palestina kepada dunia. Sebab kalau semua pilih bungkam dan tuli, maka bagaimana dunia bisa tahu? (AMM)