Ini Fakta soal TBC yang Terungkap dalam Seminar Akademi Relawan Indonesia


Yogyakarta, relawan.id – Akademi Relawan Indonesia menggelar Seminar Gerakan Peduli TB Dunia bersama DINKES Provinsi DIY dan Komunitas Relawan Peduli TB Yogyakarta, Ahad (24/03/2019).

TB merupakan salah satu penyakit menular mematikan. Sesuai dengan data WHO Global Tuberculosis Report 2018, Indonesia menempati posisi kedua dengan beban TBC tertinggi di dunia.

Menariknya, menurut dr. Bonie selaku narasumber dalam pemaparannya mengenai Bahaya TB menyatakan bahwa Penyebab semakin tingginya angka kematian penderita TB di Indonesia bukanlah karna TB tidak bisa diobati.

“Akan tetapi, karena stigma masyarakat yang mengucilkan penderita TB sehingga mengakibatkan keputusasaan penderita untuk melaksanakan pengobatan yang akhirnya berakhir dengan kematian,” jelasnya.

“Hal ini lah yang menjadi fokus kita bersama untuk menggiatkan gerakan eliminasi TB atau yang disebut dengan Gerakan TOSS (Temukan Obati Sampai Sembuh),” ungkap salah satu relawan Komunitas Peduli TB, Yogyakarta.

Untuk mewujudkan gerakan TOSS (Temukan Obati Sampai Sembuh) bagi penderita TB memang tidak lah mudah. Namun, dengan langkah kecil yang digerakkan secara bersamaan oleh masyarakat peduli TB, maka akan mampu memberikan dampak positif dalam gerakan eliminasi TB ini.

Tidak berhenti di situ saja Seminar Gerakan Peduli TB yang dilaksanakan oleh Akademi Relawan Indonesia (ARI) bersama dengan DINKES Provinsi DIY ini harapannya, dapat menjadi langkah awal gerakan kerelawanan untuk mengedukasi masyarakat.

“Agar selalu waspada dan juga mendukung para penderita TB agar bisa menjalani proses pengobatannya dari penyakit TB sampai sembuh,” ujar Arif Setiawan selaku Tim ARI.