Reksa, Kisah Inspiratif Mengumpulkan Donasi dari Pakaian Bekas

Parung, relawan.id- Ini adalah sebuah kisah dari daerah di ujung Kabupaten Bogor, Parung namanya. Gerakan “kaum emak” yang memberikan inspirasi kepada kita, bahwa kebaikan dapat dilakukan oleh siapapun.

Kumpulan yang bernama Relawan Emak Siap Aksi (Reksa) itu bermula dari cerita koordinator Reksa, Laily Faizah yang ‘curhat’ kepada temannya sesama emak-emak tentang bantuan yang belum dapat tersalurkan ke daerah bencana.

“Pertama karena jumlahnya banyak sekali, kedua karena memang sudah tidak dibutuhkan di lokasi bencana, sebab bantuan tersebut berupa pakaian layak pakai,” kata Lily kepada relawan.id, Selasa (26/3/2019).

Dalam ‘ajang curhat’ tersebut, lanjut Lily, mereka menawarkan solusi yang sampai saat ini ternyata membawa manfaat besar bagi kerja kemanusiaan.

“Mereka punya ide hebat, jadi baju layak pakai itu akan dijual dalam bazar di kampung-kampung terdekat, lalu hasil penjualan itu yang akan didonasikan,” jelasnya.

Ternyata yang Reksa jual bukan sekadar baju layak pakai, tapi mereka berkesimpulan mereka akan menjual ‘VALUE’ dari hasil Bazar baju tersebut.

Value itu antara lain berupa transfer semangat untuk saling berbagi dan membantu orang lain yang lebih membutuhkan.

“Tiga bulan ini mereka istiqomah menjalankan bazar baju layak pakai, dan alhamdulillaah sudah terkumpul dan terkirim ke ACT donasi hampir lebih dari Rp 25jutaan. Dan mereka juga menyisihkan dari dana tersebut untuk membuat bakti sosial di beberapa kampung,” pungkasnya. (DST)