Dari Pelajar Hingga Dokter Ikuti Volunteer Camp MRI Sumbar

Padang, relawan.id- Untuk kedua kalinya, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumatera Barat melaksanakan Volunteer Camp 2019 di daerah Sungai Bangek, Kelurahan Balai Gadang, Padang, Sumatera Barat.

Sebelumnya kegiatan ini sempat dilaksanakan pada tahun 2017 lalu di Lubuk Alung, Sumatera Barat. Volunteer Camp 2019 Batch 2 ini, dilaksakan selama dua hari satu malam, mulai dari Sabtu (23/3) hingga Ahad (24/3).

Kegiatan ini melibatkan 63 orang peserta dari daerah Padang, Padang Panjang, Sijunjung, dan Dharmasraya. Latar belakang pesertapun juga beraneka ragam, ada yang pelajar SMP, SMA, mahasiswa, dokter, karyawan swasta, wirausaha dan lain-lainnya. Keberagaman inilah yang membuat seluruh peserta terlihat sangat antusias untuk berkenalan satu sama lainnya.

“Melalui kegiatan Volunteer Camp 2019, kami sangat menginginkan agar jiwa-jiwa relawan dapat tertanam pada diri kita semua. Serta ilmu-ilmu dasar yang akan diberikan nantinya dapat kita implementasikan dan diperdalam lagi pada kegitan-kegiatan selanjutnya,” jelas Erwin, Ketua Umum MRI Sumatera Barat dalam kata sambutannya di upacara pembukaan.

Kegiatan Volunteer Camp 2019 Batch 2 MRI Sumatera Barat ini diisi dengan materi kerelawanan dan kelembagaan oleh Ketua Harian MRI Sumatera Barat, wawasan kebangsaan dan bela negara oleh TNI-AD, disaster and emergency management oleh BPBD Provinsi Sumatera Barat.

Selain itu peserta juga diajarkan cara pemasangan dan pembongkaran tenda, Fire Rescue dan Vertical Rescue oleh tim Rescue MRI Sumbar, social mapping ke warga sekitar oleh tim Diklat MRI Sumbar, pemaparan hasil social mapping oleh seluruh peserta, api unggun, humanity action berupa pembersihan mesjid dan layanan kesehatan gratis, serta dilanjutkan dengan pembagian cluster serta diskusi program bersama MRI Sumbar.

“Begitu banyak hal baru yang didapat pada kegiatan ini, selain pengalaman dan ilmu yang baru, saya juga dapat sahabat serta keluarga bari yan nantinya akan terus membuat cerita-cerita baru bersama-sama. Semoga kekompakkan dan kebersamaan kita tidak hanya saat kegiatan saja, tetapi juga terus terjalin setelah kegiatan ini,” ujar salah seorang perwakilan peserta pada penutupan kegiatan.

Di balik terlaksananya kegiatan ini, MRI Sumatera Barat sangat berterimakasih kepada para pihak-pihak yang telah memberikan dukungannya.

“Kami sangat berterimakasih kepada MRI Pusat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, BPBD Sumbar, Baznas, TNI AD, Relawan Bencana Ranahminang (RBR), Mormo Worldwide, Bank Nagari, Bank Nagari Syariah, dan pastinya kepada seluruh panitia dan relawan tageh MRI Sumatera Barat. Hal ini dikarenakan tanpa bantuannya, mungkin kegiatan ini tidak dapat kita laksanakan,” jelas Vina, ketua bidang humas dan media MRI Sumatera Barat.