MRI Sumut Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Pengurus Daerah

Medan, relawan.id- Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumatera Utara menggelar Pelatihan Jurnalistik dan Editing Video menggunakan smartphone. Acara itu diselenggarakan di Kantor ACT Sumut. Rabu, 03 April 2019

Pelatihan ini diberikan oleh Kepala Bagian Humas MRI Pusat, Dudy Sya’bani Takdir dan Ketua Bidang Pendidikan dan Latihan Forum Jurnalis Muslim (Forjim) Al Furqon.

“Untuk memperkuat jaringan dan menyampaikan kebaikan kepada masyarakat, maka relawan harus memahami berbagai kaidah jurnalistik. Baik tulis maupun video,” kata Ketua MRI Sumatera Utara, Ali Sahniur dalam sambutannya.

Materi yang diberikan merupakan materi terapan yang bisa langsung dipraktikan para relawan. Sehingga usai pelatihan, para peserta bisa langsung menghasilkan tulisan dan video.

“Targetnya memang setelah acara ini, peserta langsung bisa menulis berita dan membuat video dengan handphone,” kata Ali.

Sementara itu, Dudy mengatakan pelatihan kali ini dalam rangka roadshow ke beberapa Pengurus Wilayah MRI. Karena targetnya, pada akhir tahun MRI Pusat akan meluncurkan Kantor Berita yang menjadi sarana penyaluran informasi dari seluruh relawan.

“Insya Allah kita akan buka Kantor Berita Relawan Indonesia. Untuk itu perlu akselerasi humas di seluruh wilayah dan daerah. Dan kita insya Allah sudah bekerjasama dengan Forjim untuk melalukan percepatan ini,” jelasnya.

Para peserta pelatihan dari MRI Sumut diikuti oleh Ketua Umum MRI Sumut Ali Sahniur, Ketua Harian MRI Sumut Fadillah Asy Syabani sebagai , dan Kabag Humas MRI Sumut Romy Falsa. Namun tidak hanya itu saja, peserta lain dihadiri oleh MRI Daerah Medan, MRI Deli Serdang, MRI Serdang Bedagai, MRI Binjai, dan Tim ACT Sumut.

“Dengan adanya kegiatan ini, soft skill dan hard skill nanti nya diharapkan bisa diberikan kepada para penerus MRI Kecamatan di setiap daerah,” kata Kabag Humas MRI Sumut, Romy Falsa.