ACT Ajak Sahabat Dermawan Bantu Palestina di Bulan Ramadhan

Jakarta, relawan.id – Serangan pasukan Zionis Israel ke Jalur Gaza menjelang Ramadhan 1440 H telah merenggut 27 nyawa warga Palestina dan meluluhlantahkan sekitar 200 bangunan di sepanjang jalur Gaza.

Menanggapi hal itu, Vice President Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ibnu Khajar mengecam perbuatan Israel terhadap Palestina yang dilakukan menjelang bulan suci Ramadhan. Dia menilai apa yang dilakukan Israel bukan lagi masalah yang ringan, karena sudah berlangsung setiap tahun dengan eskalasi yang semakin meningkat.

“ACT langsung merespon sejak Ahad pagi atas kondisi ini. Program bantuan reguler yang sudah ada akan terus kami tingkatkan. Kami sudah berikan instruksi kepada relawan dan mitra-mitra kami di Gaza untuk segera mendistribusikan kesediaan paket pangan dan bantuan lainnya. Sebagai spirit kemanusiaan, water tank milik ACT dan dapur umum untuk berbuka puasa maupun sahur untuk para bangsa Palestina akan terus siaga. Insya Allah umat Islam Indonesia melalui ACT akan terus bersama mereka,” ungkap Ibnu, Selasa (7/5/2019).

Senada dengan Ibnu, Direktur Global Humanity Response (GHR)-ACT, Bambang Triyono mengatakakan ACT akan mengirimkan  Paket Pangan IHC untuk lebi dari 5000 keluarga selama bulan Ramadhan, 500 porsi makanan siap saji untuk sahur dan berbuka dan 1,6 juta liter air bersih untuk didistribusikan di seluruh jalur Gaza.

“Program-program ini kami berikan untuk menghadapi krisis pangan dan tentunya menjadi sebuah respon cepat kami terhadap duka bangsa Palestina di tengah perayaan bulan suci umat muslim. Paket buka puasa pertama telah kami distribusikan di Gaza hari Senin lalu kepada 250 penerima manfaat. Harapannya, Paket Pangan ini dapat dengan segera diterima oleh seluruh keluarga yang kehilangan rumahnya karena serangan Israel beberapa hari terakhir,”tambahnya.

Tak hanya itu, sebagai rangkaian dari program Ramadhan, saat ini terdapat 25 syeikh Palestina bersama tim ACT untuk menyambangi rumah-rumah ibadah di Indonesia. Kedatangannya juga sekalian untuk menyampaikan secara langsung kondisi terkini kondisi di Palestina.

“Kami mengajak sahabat dermawan sekalian untuk turut andil dalam usaha perjuangan ini. Terus doakan agar Allah berikan perlindungan dan keselamatan bagi mereka. Insya Allah, lembaga ini berkomitmen untuk terus mengirimkan bantuan, memastikan mereka melewati fase Ramadhan hingga Idul Fitri nanti dapat khusyuk beribadah. Kami umat muslim Indonesia dan berharap seluruh muslim di dunia untuk terus peduli dengan saudara kita di Palestina,” tutup Ibnu.

Sebagai informasi, dua malam menjelang Ramadhan, Palestina kembali berduka. Hal ini disebabkan serangan udara dari Israel yang melintasi perbatasan Gaza terus digencarkan. Serangan udara meledak sedikitnya di 60 wilayah yang menjadi target sasaran, Sabtu (4/5/2019) malam. Selain memakan korban jiwa, serangan Israel juga meluluhlantakkan sekitar 200 bangunan di sepanjang Jalur Gaza. (Iql)