Dubes Palestina Minta UNI Eropa dan Rusia Ambil Tindakan Selamatkan Konflik Isrel-Palestina

Jakarta, relawan.id – Duta Besar Palestina untuk Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) Riyadh Mansour meminta Uni Eropa (UE) dan Rusia harus mengambil tindakan untuk menyelamatkan solusi dua Negara terkait konflik Israel-Palestina.

Mansour menilai hal ini harus dilakukan jika rencana perdamaian Amerika Serikat (AS) tidak mengarah pada kemerdekaan kedua negara.

Mansour mengatakan, dia sudah menyampaikan kepada para pejabat UE bahwa dukungan untuk solusi dua negara sangat dihargai. Namun, menurut dia, itu saja tidak cukup. Mereka harus bertindak secara nyata terkait konflik ini.

“Jika rencana AS tidak berakhir dengan dua negara merdeka Palestina dan Israel maka UE harus mengambil tindakan untuk menentangnya dan menyelamatkan kerangka kerja dua Negara,” katanya seperti dilansir APF, Kamis (9/5/2019).

“UE dapat menyerukan konferensi internasional berdasarkan konsensus global yang mendukung solusi dua negara untuk melihat bagaimana kita dapat membuka cara untuk bergerak maju,” tambahnya.

Dia juga mengatakan bahwa negara-negara Eropa, terutama Prancis, Italia, Spanyol, Portugal, Irlandia, Belgia dan Luksemburg, dapat menawarkan dukungan mereka dengan mengakui negara Palestina.

Diplomat senior Palestina itu menambahkan, Rusia juga dapat menjadi tuan rumah konferensi internasional di Moskow, karena berada di Dewan Keamanan PBB. Palestina menyebut sudah dalam pembicaraan dengan Rusia mengenai hal ini.