Selain Pempek, Ini Kuliner Khas Palembang yang Harus dicoba

Palembang, relawan.id – Siapa yang tidak kenal dengan kota Palembang, kota dengan kuliner pempek yang sudah terkenal di seluruh Indonesia. Tak hanya pempek, ternyata Palembang memiliki kuliner lainnya yang tidak kalah enak dengan pempek. 

Perairan kota Palembang yang sudah sangat maju membuat semua olahan makanan di Palembang berbau dengan hasil olahan ikan atau hasil perairan. Meskipun ada beberapa olahan makanan lain yang bahan bakunya bukan dari ikan, namun olahan dari ikan dan hasil airnyalah yang paling mendominasi. 

Di Palembang ini ada beberapa makanan khas dan juga makanan yang terkenal di Palembang yang harus anda coba agar wisata kuliner di Palembang anda semakin menyenangkan.

Mie Celor Palembang

Bagi anda yang pecinta olahan mie, anda harus mencoba kuliner yang satu ini. Rasanya yang unik, lezat dan gurih membuat mie ini sangat menggugah selera. Mie celor adalah kuliner khas Palembang dimana mie tersebut disajikan bersamaan dengan kuah santan yang sangat kental dicampurkan dengan kuah kaldu dari udang kecil yang dikeringkan, dicampurkan dengan taoge meski jumlahnya hanya sedikit dan diatasnya diberikan telur rebus, bawang goreng pun ditaburkan di atas mie tersebut agar citarasanya semakin mantap.

Mie yang digunakan dalam mie celor adalah mie tebal sejenis dengan udon. Kebanyakan orang digunakan untuk sarapan, sehingga warung mie celor tersebut akan diserbu pengunjung saat pagi hari dan penuh saat pagi hari. 

Pempek 

Tentu saja makanan khas Palembang yang mesti anda coba pertama kali adalah pempek. Pempek ini merupakan makanan lezat yang sangat identik dengan Kota Palembang. Makanan khas Palembang ini akan mudah untuk anda temukan di Palembang. 

Makanan ini adalah olahan tepung yang dicampurkan dengan ikan tenggiri. Gurihnya ikan tenggiri akan membuat pempek semakin terasa lezat. Pempek palembang ini biasanya akan dilengkapi dengan cuko atau kuah pempek. Kuah cuko ini bisa menyesuaikan dengan selera anda, anda bisa memilih kuah cuko tidak pedas dan bisa juga memilih cuko yang pedas. Pempek tersebut biasanya juga disajikan bersama dengan mentimun, mentimun itu akan membuat kuah cuko semakin segar.

Es Kacang Merah

Kuliner khas dari Palembang lainnya yang tidak boleh untuk dilewatkan adalah es kacang merah. Es ini merupakan kuliner yang menyegarkan dan cocok dikonsumsi saat cuaca sedang panas dan terik. Meski saat ini banyak variasi es menggunakan kacang merah, namun es kacang merah yang ada di Palembang ini adalah pelopornya. 

Bahan dasar dari pembuatan es kacang merah ini tentu saja adalah kacang merah, dalam pembuatannya kacang merah ini dicampurkan bersamaan dengan gula merah, susu cokelat maupun susu vanilla dan juga es krim. Es krim yang digunakan untuk membuat es kacang merah juga bisa digantikan dengan es batu serut. Ketika semua bahan tersebut dicampurkan akan menghasilkan rasa dan citarasa yang sangat menyegarkan.

Saat ini penjual es kacang merah tidak hanya ada di Palembang saja namun sudah tersebar di kota besar seperti Jakarta. Meski begitu anda tidak boleh melewatkan kuliner yang satu ini saat berada di Palembang. Tidak hanya menyegarkan saja, namun es kacang merah ini juga menyehatkan.

Nasi Goreng Palembang

Makanan sejuta umat, begitulah sebutan untuk menu masakan Nasi Goreng. Disenangi oleh banyak orang, mudah ditemui, murah, dan cara membuatnya pun tidak sulit. Itulah mengapa nasi goreng memiliki banyak penggemar.

Jika kamu tinggal atau sedang berkunjung ke Palembang, untuk menemukan menu yang identik dengan hidangan malam ini tidaklah sulit. Disajikan dengan varian dan ciri khas yang berbeda-beda.

Nasi goreng merah yang menggunakan buah tomat serta pasta atau saus tomat. Rasanya pun cukup unik, ada sensasi rasa asam, manis, dan segar.  Nasi goreng ini disajikan dengan telor dadar dan tambahan sambal, menjadikan nasi goreng ini berbeda dengan nasi goreng kebanyakan. (Iql)