Ekspedisi Ramadhan 1440, Ini Wisata Religi Jambi

Jambi, relawan.id– Mengisi Ramadhan, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Pusat menggelar Ekspedisi Ramadhan 1440 H di beberapa daerah yang berada di Sumatera seperti Provinsi Jambi. Dalam kesempatan tersebut MRI Pusat berkesempatan untuk mengelilingi Kota Jambi untuk wisata religi.

Mungkin belum banyak yang tahu jika potensi wisata yang ada di Provinsi Jambi itu sangat beragam. Tidak hanya wisata alam saja tetapi di sini juga menawarkan wisata religi. Ada beberapa tempat wisata religi di Jambi yang menarik untuk dikunjungi. 

Masjid Keramat

Salah satu tempat wisata religi yang terpopuler di Jambi adalah Masjid Keramat. Sesuai dengan namanya, masjid tersebut merupakan masjid tertua yang ada di Provinsi Jambi. Bagaimana tidak? Tempat ibadah umat muslim ini dibangun pada abad ke 19 dan didirikan atau bangun Habib Syayid Idrus bin Hasan Al jufri atau lebih dikenal dengan Pangeran Wiro Kuumo.

Lokasinya berada di Olak Kemang serta Kecamatan Danau Teluk dan harga tiket masuk ke sana tidak dipungut biaya. Yang menjadikan masjid ini juga terlihat unik adalah memiliki jendela yang sangat banyak dengan desain kuno.

Candi Muarojambi

Tempat wisata religi di Jambi tidak hanya bernuansa Islami saja tetapi di sana juga ada wisata religi untuk agama Budha. Bahkan Candi Muarojambi sendiri telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO dan banyak umat Budha dari seluruh dunia merayakan waisak di sana. Harga tiket masuk ke sana sangat terjangkau yakni sebesar Rp 5000 saja.

Masjid Agung Al Falah

Masjid Agung Al Falah merupakan salah satu masjid unik yang ada di Jambi. Keunikannya adalah memiliki banyak tiang dan semuanya berjumlah 256 buah. Karena keunikannya tersebut, tempat ibadah ini sering disebut dengan masjid seribu tiang. Masjid yang dibangun sejak tahun 1971 ini merupakan masjid terbesar yang ada di Provinsi Jambi. Bagi yang ingin melihat keunikannya anda tidak akan dikenakan harga tiket masuk.

Gentala Arasy

Wisata religi di Jambi yang sangat popular dan terkenal adalah Gentala Arasy yang berada di Seberang Kota Jambi atau lebih dikenal dengan Sekoja. Di Sekoja tersebut merupakan Kawasan pondok pesantren dan memang bisa dibilang sebagai kota santri. Di sana terdapat pondok pesantren tertua yaitu As’ad Olak Kemang yang telah banyak melahirkan banyak ulama besar di Indonesia. Pada tahun 2014 kemarin, di Sekoja menjadi tuan rumah Musabaqoh Tilawatil Quran se Indonesia dan tercatat ada 2000 santri yang mengikuti.

Kawasan Sekoja sendiri merupakan kawasan Islami dan ada monument bersejarah yakni Menara Gentala Arsy. Menara tersebut adalah symbol kejayaan Islam Melayu di Jambi pada masa itu. Di sana juga terdapat museum sejarah Islam di Jambi yang bisa anda kunjungi nanti. Harga tiket masuk di sana hanya Rp 5000 saja.

Keempat wisata religi di atas merupakan tempat yang paling populer di Jambi. Semuanya memiliki keunikan tersendiri. Selain wisata religi bernuansa Islami, di sana juga ada wisata religi untuk umat Budha. Khusus untuk wisata religi umat Budha, di Candi Muarojambi sendiri menjadi tempat ibadah terbesar di Indonesia setelah Candi Borobudur.

Hal tersebut karena banyak peziarah atau biksu dari dunia international yang selalu datang merayakan hari waisak di sana. Mengunjungi keempat wisata religi di Jambi tersebut juga tidak akan menguras banyak biaya karena harga tiket masuknya yang terjangkau. (Iql)