Gempa 8 Skala Richter Guncang Peru

Peru, relawan.id – Gempa dengan kekuatan 8 skala richter (SR) mengguncang bagian utara Peru, Ahad (26/5) dini hari. Berdasarkan laporan sementara, setidaknya satu orang dilaporkan tewas dan 18 lainnya cidera.

Otoritas setempat mengatakan, gempa itu berada pada kedalaman menengah sekitar 110 Km. Gempa itu terasa hampir di semua penjuru negeri yang berada di bagian selatan benua Amerika itu.

“Banyak bangunan tua yang roboh setelah akibat gempa berkekuatan tinggi,” kata Wali Kota Yurimaguas Hugo Araujo, sebuah kota dekat pusat gempa seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Senin (27/5/2019).

Kekuatan gempa juga menghancurkan banyak rumah-rumah tua di Yurimaguas, sebuah kota dekat pusat gempa di daerah yang berpenduduk jarang di lembah Amazon Peru.

Akibat kejadian itu, sejumlah kota dilakukan pemadaman listrik. Tim itu juga mengatakan, gempa dengan tipe seperti ini memang tidak memberikan dampak luar biasa pada permukaan tanah, tapi memberikan guncangan sangat luas.

Peru memang rawan gempa karena berada di wilayah cincin api dimana aktivitas seismik dunia terjadi. Sebelumnya pada Februari, gempa berkekuatan 7,5 SR yang berpusat di Ekuador, negra tetangga Peru, juga mengguncang wilayah Peru Utara meski tak ada korban jiwa.

Tetapi gempa itu mengakibatkan sembilan orang di Ekuador terluka dan mengibatkan beberapa wilayah hancur. Peru terletak di daerah seismik aktif, dan pada 14 Januari tahun lalu gempa berkekuatan 7,3 SR menewaskan dua orang dan menggulingkan bangunan di dekat kota selatan Arequipa. (Iql)