MRI Bantu Bersihkan Sekolah yang Terkena Dampak Banjir

Kotabaru, relawan.id – Hujan yang melanda Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan sejak Sabtu (8/6/2019) siang hingga malam mengakibatkan lima desa di kabupaten tersebut terendam banjir.

Salah satu desa yang terkena dampak banjir yaitu Gunung Sari tepatnya di SDN Gunung Sari yang posisinya tepat berada di pinggiran sungai, hingga kini masih tersisa bekas-bekas banjir yang belum dibersihkan.

“Saat banjir besar terjadi hari Sabtu kemarin air sungai meluap sampai naik ke pemukiman warga termasuk sekolah ini, di SDN Gunung Sari sendiri ketinggian air mencapai lebih setengah meter merendam 6 ruang kelas, UKS dan Musholla, banjir juga menyebabkan pagar depan sekolah roboh sepanjang ±30 meter,” ujar Ketua Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kotabaru Hamas Al Qasam, Selasa (11/6/2019).

Maka dari itu, untuk membantu membersihkan SDN Gunung Sari yang masih berantakan akibat banjir, MRI dibantu oleh beberapa mahasiswa membersihkan sekolah tersebut agar bisa digunakan kembali.

“Hari ini relawan gabungan dari MRI Kotabaru, Himpunan Balakar Saijaan, mahasiswa Poltek dan juga warga sekolah bahu membahu membersihkan sekolah agar bisa digunakan kembali pada tanggal 12 Juni besok, fokus utama relawan adalah membersihkan ruangan dari lumpur bekas banjir, membersihkan lumpur dari halaman yang tebalnya mencapai 10 cm, menyingkirkan robohan pagar sekolah yang menutup sebagian akses jalan ke sekolah,” katanya.

“Alhamdulillah berkat kerjasama antar relawan sampai pukul 13.00 pekerjaan sudah mencapai 90%, tinggal tersisa sedikit reruntuhan pagar yang harus dibersihkan dan tumpukan sampah yang menunggu diangkut oleh truk sampah,” tambahnya.