Bantu Korban Banjir, Dandim 0901 Samarinda Apresiasi Relawan


Samarinda, relawan.id – Dansatgas Posko Induk Penanganan Banjir, Letkol Inf M Bahrodin mengapresiasi keberadaan relawan kebencanaan, dengan sigap dan nyaris bekerja di lapangan selama 24 jam, menerobos banjir untuk mengevakuasi dan mendistribusikan bantuan saat banjir di Samarinda.

“Relawan sangat membantu di lapangan, memberitahukan kepada posko induk, apa-apa saja yang diperlukan di lapangan, di lokasi banjir. Apalagi, muncul risiko penyakit dialami korban banjir,” katanya, Jumat (14/6/2019).

Tak hanya itu, BNPB juga memberikan perhatian serius penanganan banjir dalam masa tanggap darurat banjir, sehingga tim BNPB diterjunkan langsung ke Samarinda.

Maka dari itu,  BNPB menggelar rapat koordinasi bersama Dansatgas Posko Induk Penanganan Korban Banjir Letkol Inf Bahroddin, BPBD Kaltim, BPBD Samarinda, Dinkes Samarinda, serta Dinsos Samarinda di posko induk, di Jalan DI Panjaitan.

BNPB mewanti-wanti semua tim terlibat di masa tanggap darurat, mengesampingkan ego sektoral dalam penanganan 56.000 jiwa korban banjir dalam 6 hari terakhir. Posko induk yang ditempatkan di kantor UPTD Disperindagkop Kaltim mulai hari ini mulai dioperasikan sebagai pusat komando penanganan bencana banjir.

“Benar, BNPB memberikan asistensi. Posko permudah berkoordinasi, memudahkan komando dan pengendalian. Beberapa hari ini, ya kurang koordinasi rapi (dalam hal penanganan korban banjir). Hari ini dimantapkan,” ungkapnya.

Semua instansi yang terkait penanganan bencana banjir dilibatkan dalam satu koordinasi. “Jadi intinya, posko induk ini, agar penanganan lebih cepat. Sifatnya, kita dikoordinir, diasistensi BNPB,” ujar Bahrodin, yang juga Dandim 0901 Samarinda itu.