Gempa Berkekuatan 6 Magnitudo Guncang China


China, relawan.id – Gempa berkekuatan 6 magnitudo mengguncang barat daya China dan menewaskan 11 orang dan 122 terluka.

Gempa yang mengguncang China berada pada kedalaman 16 kilometer. Sebuah hotel yang dekat dengan pusat gempa hancur, namun belum diketahui apakah ada korban dalam insiden itu.

Dilaporkan kantor berita resmi Xinhua, Selasa (18/6/2019), retakan muncul di beberapa jalan raya daerah.

Tayangan media televisi CCTV menunjukkan, para penyelamat mengangkut seorang korban yang selamat dari puing-puing bangunan di atas tandu. Gambar lain menunjukkan seorang perempuan sedang dibantu keluar dari bangunan yang runtuh.

Foto-foto dari Kabupaten Changning menunjukkan, sebuah tiang listrik merobohkan atap sebuah gedung, lubang besar di sebuah rumah bata, dan pecahan jendela-jendela berserakan di jalan-jalan.

Delapan orang tewas di Kabupaten Changning dan tiga lainnya di Kabupaten Qixian. Tim penyelamat dilaporkan menarik enam mayat dan tujuh orang yang selamat dari gedung.

Wilayah itu dilanda sedikitnya empat gempa susulan, yang terbesar di antaranya berkekuatan 5.1 magnitudo. Lebih dari 300 petugas pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian. Petugas penyelamat juga mengirim 5.000 tenda, 10.000 dipan lipat, dan persediaan makanan serta bantuan darurat lainnya.

Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa utama berkekuatan 5,8 magnitudo.

“Kemungkinan kerusakan besar dan bencana kemungkinan meluas,” demikian laporan USGS.

Sebagai informasi, gempa bumi secara teratur menghantam Sichuan, tempat gempa berkekuatan 7,9 yang dahsyat menyebabkan 87.000 orang tewas atau hilang pada 2008.

Pada Februari, tiga gempa bumi melanda daerah Rongxian di provinsi itu, menewaskan dua orang dan melukai 12 lainnya.