Ini Khasiat Siwak yang Jarang Diketahui

Jakarta, relawan.id – Mendengar kata siwak, pastinya kamu sudah mengenal batang pohon Salvadora Persica ini dalam keseharian. Tumbuh subur di Timur Tengah, siwak sering digunakan masyarakat Arab untuk menggosok giginya. Bersiwak ternyata juga salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh Rasullulah. Di balik kebiasaan bersiwak, ternyata batang pohon Salvadora Persica ini punya banyak khasiat yang belum banyak diketahui. Penasaran nggak?

  • Melawan Bakteri dan Kuman Jahat

Pada penelitian yang dilakukan oleh World Health Organization (WHO), siwak ternyata memiliki kandungan antibacterial acids seperti abrasive dan astingents yang aktif melawan bakteri. Tanpa kamu sadari, mulut menyimpan banyak bakteri yang berada di sela gigi, gusi hingga lidah yang jumlahnya tidak kurang dari 700 bakteri.

Selain bakteri baik yang membantu pemecahan makanan, ada juga bakteri jahat yang menyebabkan gigi berlubang dan masalah gangguan gusi dan mulut. Bakteri ini berasal dari sisa makanan yang masih tertinggal. Nah, Kehadiran siwak sebagai sumber antibacterial acids dapat membantu melawan bakteri sehingga tidak lagi bersarang pada gigi dan mulut.

  • Melindungi Gusi dan Memperkuat Gigi

Gusi dan gigi adalah dua elemen dalam mulut yang saling berhubungan antara satu dan lainnya. Jika salah satu mengalami gangguan, maka akan berpengaruh pada kesehatan organ lainnya. Gangguan yang biasanya terjadi pada gusi adalah peradangan dan pembengkakan yang menyebabkan sakit gigi. Biasanya peradangan ini dipicu oleh plak atau tartar. Penggunaan siwak secara rutin dapat mengurangi pembentukan plak serta menjaga kebersihan gigi dan gusi.

  • Mencegah Bau Mulut/ Menyegarkan Mulut

Merasa sudah gosok gigi tapi bau mulut nggak kunjung hilang? Dalam istilah kedokteran, gangguan bau mulut sering disebut dengan halitosis. Gangguan bau mulut ini tidak hanya disebabkan oleh bakteri, tapi juga menurunnya aliran saliva. Sifat antibakteri pada siwak membantu meningkatkan produksi saliva dan juga memberikan kesegaran pada mulut. Aroma khas siwak berasal dari senyawa aromatik yang membuat mulut segar lebih lama.

  • Menghilangkan Plak Gigi

Menggosok gigi secara teratur bisa membantu menghilangkan plak. Sayangnya, dalam proses tersebut sering kali menyebabkan tartar atau warna kuning pada gigi dan gusi. Siwak yang memiliki kandungan antibakteri membantu mencegah penumpukan plak pada gigi dan gusi.

Wah, nggak nyangka ya batang pohon Salvadora Persica ini punya khasiat yang begitu besar untuk kesehatan gigi dan mulut.