Bantu Masyarakat Terdampak Banjir, MRI Lakukan Layanan Kesehatan

Kalsel, relawan.id – Pasca banjir surut yang menggenangi Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, ternyata masih menyisakan permasalahan lain, yaitu kesehatan bagi korban terdampak banjir.

Maka dari itu, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) melakukan layanan kesehatan bagi para korban terdampak, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi berbagai penyakit yang muncul pasca banjir.

“Ada 54 warga yang diperiksa, sebagian besar lansia. Penyakit yang teridentifikasi yaitu hipertensi, gatal-gatal, sakit kepala, mual, kencing sedikit-sedikit. Sebenarnya layanan kesehatan sudah tercover di tingkat puskesmas, hanya saja ada keterbatasan ketersediaan obat-obatan,” ungkap Humas MRI Kalsel, Rabu (19/6/2019).

Sementara itu, Sekretaris Desa Sungai Rukam, Tanwirul Anwar mengucapkan terima kasih kepada MRI-ACT karena telah membantu dan bekerja sama dengan tim posyandu.

“Kondisi desa sudah relatif aman, terlebih ada tanggul. Saat kejadian sebagian warga di seberang ada mengungsi ke sini. Total warga 202 kepala keluarga, 600 jiwa mayoritas petani. 400 ha lahan pertanian terimbas, yang sudah siap panen terendam. Hal ini bisa disimpulkan gagal panen,” katanya.

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, tim MRI-ACT juga mendistribusikan bantuan logistik berupa makanan pokok, popok bayi, dan pakaian, evakuasi, pendataan, dan layanan kesehatan juga menjadi upaya yang dilakukan MRI-ACT.