Bantu Masyarakat Terdampak Kekeringan, MRI-ACT Bali Distribusikan Air Bersih

Jakarta, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI-ACT) kembali mendisitribusikan air bersih menggunakan mobile water tank di Karangasem, Bali, Selasa (9/7/2019).

“Aksi tanggap ini sebagai bentuk kepedulian kita kepada masyarakat yang terkena dampak kemarau panjang tahun ini,” ujar Ketua MRI Karangasem, Rahman.

Tahap awal, Senin (8/7) lalu ACT-MRI Bali mendistribusikan 6.000 liter air bersih ke Banjar Belatung, Desa Rendang.

Pendistribusikan akan dilakukan hingga sepekan ke depan di beberapa daerah yang terdampak kekurangan air bersih di kabupaten Karangasem lainnya.

“Seperti hari ini kita akan mendistribusikan air bersih ke Banjar Batusesa,“ tuturnya.

ACT-MRI Bali menjadi lembaga yang pertama kali datang dan mendistribusikan air bersih untuk warga di wilayah Desa Menanga ini.

“Sebelumnya warga harus membeli air bersih setiap memasuki musim kemarau panjang,” tambahnya.

Menurutnya, warga Banjar Belatung yang terdiri 120 KK ini  kesehariannya  hidup bergantung pada hasil perkebunan, pertanian, dan perternakan.

Mereka harus membeli air bersih Rp 150.000 per 4.000 liter untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Terutama saat memasuki musim kemarau yang berlangsung pada bulan April hingga November.

“Warga sangat berterima kasih dengan bantuan air bersih ini, karena sebelumnya belum pernah ada bantuan air bersih seperti ini,“ kata Wayan Dharma, salah satu warga Banjar Belatung ini.

Tak hanya melakukan pendistribusian air bersih, MRI-ACT juga melakukan ramah-tamah ke warga. Kegiatan ini sekaligus memperkenalkan MRI-ACT Bali di kalangan warga desa dan sekitarnya.

Seperti di Jawa, di Bali dampak kemarau telah dirasakan oleh sebagaian wilayahnya. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Kamis (27/6) lalu merilis data wilayah Indonesia yang berpotensi mengalami kekeringan di awal musim kemarau ini.

Oleh BMKG, Pulau Bali diberikan warna merah sebagai tanda “awas”. Curah hujan sangat rendah di wilayah Bali, dengan hari tanpa hujan (HTH) yang cukup lama dalam beberapa bulan terakhir.