Sambut Idul Adha 1440 H Global Qurban ACT Salurkan 100 Ribu Kurban untuk Korban Bencana dan Konflik

Blora, relawan.id – Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar peluncuran program Dermawan Berqurban 2019 di Blora, Kamis (11/7/2019). Hal itu dilakukan untuk menyambut Idul Adha 1440 hijriah yang akan datang pada 11 Agustus 2019 mendatang. Tahun ini Global Qurban mengangkat tema ‘Dermawan Berqurban, Berkahnya Bahagiakan Dunia’.

Sekretaris Jenderal Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), Ibnu Khajar mengaku akan kembali  mengimplementasikan ibadah kurban di hari besar tersebut hingga akhir hari tasyrik. Dalam beberapa tahun terakhir ini, pelaksanaan kurban tidak hanya berbentuk ritual ibadah semata yang dilakukan umat Islam tiap tahunnya. Kini hal tersebut bahkan sudah menjadi gerakan masif, terorganisir, dan sangat dirasakan dampaknya oleh umat Islam di Indonesia dan dunia.

“Di tahun ini, Global Qurban – ACT hadir untuk menyalurkan 100.000 kurban setara kambing yang akan menyasar kembali 34 provinsi di Indonesia dan menjangkau 50 negara, serta menyapa 7.500.000 penerima manfaat warga prasejahtera, wilayah konflik, dan bencana. Di sisi lain, ACT sadar bahwa umat Islam terus menyimpan harapan, menunggu para pejuang kemanusiaan hadir menemui mereka, memberikan semangat menghadapi masa depan, menyatukan potensi mereka,” ujarnya di Blora, Kamis (11/7/2019).

“Perkembangan dinamis terkait ibadah kurban pun terjadi dengan tumbuhnya berbagai lembaga profesional pengelola kurban yang hadir di tengah masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah Global Qurban (GQ) yang diinisiasi dan dibentuk oleh Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Sejak didirikan delapan tahun lalu, GQ terus berkembang dengan pesat, menebar manfaat untuk umat Islam di Indonesia dan dunia,” tambahnya

Global Qurban, kata dia, menjadi saksi kedermawanan bangsa Indonesia, negara yang mayoritas muslim terbesar, heterogenitas suku di berbagai pulau, kekayaan cerita dan hikmah tiada tertandingi. Negeri dengan sikap beragama yang tinggi, masyarakatnya saling membantu dan cinta berbagi.  Maka dari itu pilihan program dari Global Qurban pun dapat meringankan siapa saja yang hendak menunaikan ibadah kurban setiap tahunnya.

“Tuntutan dan perkembangan zaman dalam menghadirkan kemudahan bertransaksi menjadi ikhtiar utama yang dijalankan melalui marketplace, crowdfunding, dan situs web globalqurban.com. Selain itu, Global Qurban terus meningkatkan jejaring kemitraan yang artinya menambah lagi opsi kemudahan berkurban. Jejaring lokal bertambah, jejaring luar negeri diluaskan, saling berkolaborasi, menyukseskan perayaan akbar lebaran kurban,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Ibnu juga menjelaskan sejak ACT didirikan pada tahun 2005, sejak saat itulah implementasi kurban di berbagai daerah dilakukan. Hingga kini ada 265 kota, 34 provinsi di Indonesia dan 45 negara terjejak aksi Global Qurban. 

“Terhitung sudah lebih dari ratusan ribu kurban setara kambing telah disalurkan, dengan jutaan penerima manfaat. Terima kasih yang tak terhingga atas kepercayaan dari bapak dan ibu sahabat dermawan Global Qurban – ACT semoga silaturahim kurban ini terus berlanjut,” tukasnya.

Insya Allah umat pun siap berbagi harta, siap berbagi pengalaman, siap merangkai kerjasama, siap menyambut kemenangan demi kemenangan. ACT akan menemui sebanyak-banyak mereka yg ingin berbagi, menyampaikan harapan dan program yang sudah dirancang.