Bantu Komunitas Muslim di Dunia, ISF dan OKI Berikan Bantuan Keuangan

Jakarta, relawan.id – The Islamic Solidarity Fund (ISF) atau Dana Solidaritas Islam dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI) telah mengumumkan paket bantuan keuangan perkembangan dan pendidikan baru untuk beberapa negara anggota dan komunitas Muslim di seluruh dunia.

Penerima manfaat termasuk organisasi di Nigeria, Thailand, Gambia, Sri Lanka, Chad, Uganda, Senegal, Palestina, Bangladesh, dan Malaysia.

Sekretaris Jenderal OKI, Yousef Al-Othaimeen mengatakan paket-paket bantuan menekankan solidaritas organisasi dengan negara-negara anggota dan komunitas Muslim global. Al-Othaimeen juga memuji Arab Saudi atas sumbangannya sebesar 9 juta dolar kepada Islamic Solidarity Fund untuk membantu melaksanakan program-program amal.

“Visi utama dana ini adalah untuk memberikan bantuan materi, sosial dan budaya kepada komunitas Muslim di seluruh dunia. Ini juga menyediakan bantuan kemanusiaan darurat ke negara-negara Muslim dan minoritas Muslim,” demikian seperti dilansir dari publikasi Arab News, Ahad (14/7/2019).

Organisasi Kerja Sama Islam sendiri merupakan sebuah organisasi internasional dengan 57 negara anggota yang memiliki seorang perwakilan tetap di Perserikatan Bangsa-Bangsa. OKI didirikan di Rabat, Maroko pada 12 Rajab 1389 H (25 September 1969) dalam Pertemuan Pertama para Pemimpin Dunia Islam yang diselenggarakan sebagai reaksi terhadap terjadinya peristiwa pembakaran.

Sebelumnya, OKI berencana membangun sebuah pusat studi ketenagakerjaan/labour center di Baku, Azerbaijan. Nantinya, Pusat Studi Ketenagakerjaan OKI diharapkan menjadi pusat data dan pusat studi kebijakan, yang mencakup isu-isu ketenagakerjaan seperti data angkatan kerja OKI, kondisi kerja, sistem pengupahan, penyelesaian sengketa, produktivitas tenaga kerja.