MRI Malut Distribusikan Bantuan di Desa Mafa

Jakarta, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Malut salurkan bantuan kepada korban gempa di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara (Malut). Bantuan tersebut berupa beras, air mineral, dan peralatan mandi.

Bantuan tersebut disalurkan di Desa Mafa, Kecamatan Gane Timur, para pengungsi terlihat antusias karena MRI Malut memberikan bantuan. Sekitar 300 kartu keluarga yang menerima manfaat.

mengingat wilayah ini yang paling parah terkena dampak gempa bumi yang melanda Kabupaten Halmahera Selatan pada Ahad (14/7/2019) terutama dari segi jumlah kerusakan rumah warga dan fasilitas umum.

“Alhamdulillah, distribusi kebutuhan sehari-hari bagi para pengungsi desa yang terdampak, adapun penerima bantuan yaitu warga pengungsi gabungan 2 desa (Desa Mafa dan Kebun Raja),” ujar salah satu relawan MRI Malut, Rabu (17/7/2019).

Pemkab Halmahera Selatan sendiri, menurut Sekda, sejak hari Senin telah menyalurkan bantuan berupa tenda, selimut, obat-obatan dan bahan makanan dan pada Selasa kemarin juga menyusul pengiriman bantuan serupa ke berbagai daerah terdampak gempa, baik yang ada di wilayah Bacan Timur maupun Gane Barat dan Gane Timur.

Dari berbagai pihak juga mulai menyalurkan bantuan kepada korban gempa di Kabupaten Halmahera Selatan, seperti PT Aneka Tambang, Balai Wilayah Prasarana Permukiman Malut dan sejumlah organisasi yang menghimpun dana dari masyarakat.

Sementara itu data dari BPBD Malut menyebutkan jumlah rumah warga yang rusak akibat gempa diberbagai wilayah di Halmahera Selatan tercatat 971 unit sedangkan korban meninggal enam orang, luka berat dua orang luka ringan 49 orang, yang data ini masih bersifat sementara.