Kesulitan Air Akibat Kemarau, MRI Jambi Distribusikan Air Bersih

Jambi, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jambi bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jambi distribusikan air bersih di Nyogan, Jambi, Kamis (18/7/2019).

Humas MRI Jambi, Fitra Diansyah mengatakan pihaknya bekerjama dengan BPBD Jambi dalam peminjaman water tank serta 3 orang personil BPBD yang ikut terjun, penyaluran air bersih menggunakan tedmon milik RT setempat.

“Sejumlah relawan MRI dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendatangi desa Nyogan pada siang hari, kedatangan MRI-ACT yang dibantu personel BPBD ternyata telah ditunggu oleh puluhan warga yang antusias menunggu, pasalnya selama beberapa minggu, warga sangat kesulitan air dikarenakan kemarau panjang melanda Indonesia,” ungkapnya, Kamis (18/7/2019).

Sebelumnya, kata dia, warga memang sudah mendapatkan informasi dari RW setempat akan ada penyaluran air bersih, oleh karena itu ketika MRI-ACT datang, warga sudah membawa drigen sambil mengantri menunggu petugas mengisi air ke masing-masing drigen mereka. Tak hanya mengisi ke dalam sebuah drigen, relawan juga menyalurkan air ke sejumlah tedmon hingga ke penampungan air yang berada disekitaran masjid.

“Saat ditanya mengenai penyaluran Air Bersih, Pak Wahid selaku RT setempat sangat bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada relawan, mereka berharap penyaluran air bersih ini bisa berlanjut dan Air yang disalurkan bisa digunakan dan dimanfaatkan dalam jangka waktu dekat untuk mencuci dan mandi selain itu pak Wahid berharap adanya pembuatan sumur Bor untuk swadaya air bagi masyarakat, maklum desa tersebut selama ini sulit mendapatkan air walaupun diluar bulan kemarau,” tukasnya.

Sementara, Ketua MRI Jambi, Muhammad Sidik berharap mampu memberikan folow up terkait penyaluran air, seperti pembuatan sumbe air bersih ataupun pompa air yang dikelolah oleh warga karena kegiatan penyaluran hanya bersifat sebatas memberi ikan namun yang kita harapkan bisa memberi kail kepada mereka.

“Kegiatan ini berakhir saat memasuki waktu Maghrib. Penyaluran tahap selanjutnya akan dilakukan pada Sabtu 20 Juli 2019 di Desa Bungku, Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari, Jambi,” tuturnya.