Bantu Warga Desa Bungku, MRI Jambi Distribusikan Air Bersih

Jambi, relawan.id – MRI wilayah Jambi melakukan pendistribusian air bersih untuk kedua kalinya. Lokasi kali ini di Desa bungku, kabupaten Batanghari, provinsi Jambi, Jumat (19/7/2019).

Berdasarkan laporan masyarakat, penduduk Desa Bungku mengkonsumsi air dari sungai tanpa proses penyaringan, tapi karena sedang mengalami kemarau panjang, sungai yang biasa untuk dikonsumsi kini mengering, dan kondisi air tidak layak di minum.

Menanggapi hal itu, MRI Jambi langsung menuju ke lokasi guna memberikan bantuan air bersih ke warga desa tersebut.

“Lama waktu perjalanan dari kantor ACT menuju lokasi yaitu 8 jam. Tim membawa 2 mobil tangki air, masing-masing bermuatan 5000L dan 8000L serta 1 mobil untuk relawan (total 3 mobil menuju lokasi),” ujar Humas MRI wilayah Jambi, Fitra Diansyah, Ahad (21/7/2019).

Kondisi jalan menuju lokasi sangat buruk, sehingga relawan harus menempuh jalan yang berlubang, melewati beberapa tanjakan dan tanah lengket. Adanya hal ini membuat mobil tangki bermuatan 8000L harus putar balik ke kota Kota Jambi karna jalan menuju lokasi memang tak mungkin dilewati mobil air bermuatan 8000L.

Sesampainya dilokasi, kata dia, tim melihat warga sangat antusias dengan bantuan yang diberikan. Tak hanya itu, tim juga mendapat laporan, bahwa tidak semua bisa kumpul di titik yang telah disepakati, dikarenakan akses jalan yang terjal dan beberapa diantara mereka tidak memiliki wadah untuk mengangkut air.

“Maka dari itu, tim berinisiatif untuk mendatangi rumah warga agar bisa menikmati air bersih yang disalurkan MRI-ACT,” tukasnya.