MRI-ACT Langkat Gelar Orientasi Relawan dan Mitigasi Bencana

Sumut, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Langkat Sumatera Utara menggelar Orientasi Relawan di Presto Cabe Ijo Stabat, Sabtu (27/7/2019). 

Orientasi Relawan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan terhadap para relawan baru tentang profil tentang Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dari waktu ke waktu serta memberikan arahan tentang dunia kerelawanan. 

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini 14 orang, meski jumlahnya tak terlalu banyak, para pengurus MRI Langkat tidak patah semangat dan selalu bersyukur karena masih ada masyarakat yang masih berniat untuk menjadi seorang relawan,” ujar Humas MRI Sumut, Romy False, Sabtu (27/7/2019).

Dalam kesempatan ini, para pengurus MRI-ACT Sumut turut hadir sebagai narasumber untuk mengisi kegiatan. Materi yang dibawakan oleh Ketua MRI Sumut (Ali Sahniur) tentang MRI-ACT,  menjadikan sebuah genjotan untuk para relawan agar lebih aktif untuk kemanusiaan seperti para relawan yang sudah lama ada. 

Tak hanya itu, Humas MRI Langkat Bella Rizkia memberikan semangat kepada para relawan baru dengan memberikan motivasi dengan mengutip dari Ketua Harian Sumut yaitu “jadikan diri yang paling terbaik dalam hidup, agar kamu dapat memahami siapa jati diri kamu sebenarnya, itu dapat kamu ketahui setelah menjadi seorang relawan”. 

“Tak luput pula dari pandangan para pengurus MRI Langkat dan relawan,  ketua harian MRI Sumut ikut andil mengisi kegiatan untuk menjadi motivator penerus bapak Ibnu Khajar dari MRI Pusat dan menyampaikan tentang cara funding (penggalangan dana, MSR, Global Qurban, dll),” tukasnya.

Dilanjut situasi yang semakin memanas dengan sesi tanya jawab dari para peserta, Ketua Bidang Program ACT Sumut (Sakti Wibowo) angkat bicara soal beberapa pertanyaan yang telah dijawab oleh Ketua MRI Sumut dan ini menyangkut agar kedepannya program-program MRI Langkat akan semakin jadi lebih baik. 

“Ketua MRI Langkat Dian Permata Sari sebagai narasumber terakhir menjadi panutan untuk seluruh relawan, karena sangat aktif dalam dunia kemanusiaan,” bebernya.

Kegiatan Orientasi Relawan ini berlangsung dari pukul 13.00 s/d 16.00 WIB dilanjut dengan kegiatan Mitigasi Bencana sampai pukul 18.00 WIB di Lapangan T.Amir Hamzah Stabat, Jl. T.Amir Hamzah. Dalam kegiatan mitigasi bencana ini sengaja dilakukan dilapangan terbuka untuk mengundang masyarakat sekitar agar dapat nantinya diterapkan saat terjadi bencana disekitar lingkungan. 

“Dibantu oleh 5 (lima) orang relawan 2 (dua) diantaranya adalah tim Rescue, memberikan praktek secara langsung tentang cara memadamkan api pada saat kebakaran dengan kain, handuk, dan karung basah, serta mengantisipasi ledakan dari kebocoran yang menimbulkan api pada selang maupun tabung gas yang bocor, dan cara pemakaian APAR yang benar,” tuturnya.

Dengan berakhirnya kegiatan Orientasi Relawan dan Mitigasi Bencana di Langkat,  Ketua MRI Langkat berharap masyarakat dapat mengambil sisi baik dan bermanfaat dalam masyarakat bagaimana antisipasi saat terjadi kebakaran. 

Tak hanya itu, kegiatan ini juga disaksikan oleh masyarakat sekitar, dan masyarakat sangat antusias melihat kegiatan Orientasi Relawan ini, terlebih saat menyaksikan bagaimana mengantisipasi kebakaran, sehingga pihaknya mengundang warga untuk turut melihat kegiatan tersebut.

“Terima kasih kepada MRI-ACT yang telah berpartisipasi dalam menyampaikan hal yang sangat bermanfaat kepada kami,” ungkap warga.