7 Tewas Akibat Serangan Udara Suriah

Idlib, relawan.id – Setidaknya tujuh warga sipil tewas dalam serangan udara yang intens oleh rezim Suriah dan pasukan Rusia ke permukiman sipil di zona de-eskalasi di utara Suriah, menurut sumber pertahanan sipil setempat.

Menurut observatorium pesawat oposisi Suriah, pasukan rezim Basha Al-Assad menyerang distrik Latmin, di Provinsi Hama, sementara Kefer Zita di Hama menjadi sasaran jet Rusia yang lepas landas dari pangkalan udara Khmeimim di Provinsi Latakia barat Suriah.

“Serangan udara terhadap sipil di wilayah tersebut masih terus berlanjut secara intens, dikhawatirkan jumlah korban jiwa dapat meningkat,” ungkapnya seperti dilansir AFP News, Selasa (30/7/2019).

Sementara jumlah warga sipil yang tewas dalam serangan udara dan darat Rusia dan rezim Assad sejak awal minggu lalu meningkat menjadi 115 jiwa.

September lalu Turki dan Rusia sepakat untuk mengubah Idlib menjadi zona de-eskalasi di mana tindakan agresi secara tegas dilarang.

Namun, rezim Suriah dan sekutu-sekutunya secara konsisten melanggar ketentuan gencatan senjata, dan sering melancarkan serangan di dalam zona de-eskalasi.

Saat ini Zona de-eskalasi dihuni sekitar 4 juta warga sipil, termasuk ratusan ribu orang yang dipindahkan pasukan rezim dari kota-kota mereka selama beberapa tahun terakhir.

Suriah masuk dalam konflik yang menghancurkan, sejak awal 2011, ketika rezim Bashar al-Assad menindak demonstran dengan tingkat keganasan yang tak terduga.