Bantu Warga Terdampak Kekeringan, MRI Aceh Distribusikan Air Bersih

Aceh, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Aceh melakukan distribusi air bersih untuk korban kekeringan yang melanda Desa Tanjung Genting, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang, Ahad (28/7/2019).

Humas MRI Aceh, Astri Maulida mengatakan pihaknya mendistribusikan air bersih sebanyak 8.000 liter air dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 100 kartu keluarga.

“Alhamdulillah kegiatan program ini berjalan lancar dan tertib. masyarakat sangat antusias dan mengaku sangat terbantu. Selama ini mereka memang kesulitan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, namun menggunakan sumber air seadanya, dari sungai. Tapi, di musim kemarau, sungai pun tidak bisa dijadikan sumber air untuk kebutuhan sehari-hari. program ini sangat membantu masyarakat desa ini,” ujar Astri Maulida, Senin (29/7/2019).

Astri menjelaskan untuk distribusi air bersih ini masyarakat hanya bisa membawa 2 jirigen untuk 1 kk, hal ini dilakukan agar distribusi air bisa merata, karena keterbatasan air menjadi faktor utama. Saat ini, kata Astri masih ada 2 titik lagi yang belum tersentuh, mengingat stok air kurang, maka dari itu untuk saat ini masih coba diupayakan kelanjutan distribusi air bersih lanjutan, dan diupayakan menjadi lokasi pembangunan sumur wakaf.

“Warga merasa senang dan antusias mengantri demi mendapatkan air. Warga berharap bisa rutin ada distribusi air bersih maupun solusi dibantu untuk mencari sumber air di desa mereka,” ungkapnya.