Sambangi Korem 042/Gapu, MRI Siap Bergabung di Satgas Karhutla Jambi

Jambi, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jambi, menyambangi Komando Resort Militer 042/Gapu yang langsung disambut oleh Mayor Aco Terisau Pasi Bakti Korem 042 Gapu yang menjadi salah satu tim Satgas Karhutla Jambi dari Jajaran Militer.

Dalam kunjungan MRI ini di hadiri oleh Ketua MRI Wilayah Jambi Muhammad Sidik, Kabid Program MRI Jambi Ambo Hariansyah, beserta Kabid Humas Fitra Diansyah, dan Jaringan MRI Wilayah Jambi.

Ketua MRI Jambi, Muhammad Sidik mengatakan tujuan MRI Jambi mengunjungi ke Korem 042/Gapu untuk saling bersinergi dalam pencegahan karhutla di wilayah Jambi, pihaknya juga siap bergabung menjadi bagian dari Tim Satgas Karhutla Jambi. Sejak berdiri di tahun 2005 pasca kejadian Tsunami yang melanda Aceh hingga saat ini, MRI sudah banyak berkontribusi dan terdepan menjadi relawan bencana alam dari luar organisasi pemerintahan.

“Tawaran tersebut disambut baik oleh Mayor Aco Terisau selaku Pasi Bakti Korem 042/Gapu, karena pasca dibentuknya Tim Satgas Karhutla Jambi oleh Gubernur, belum ada organisasi masyarakat, NGO ataupun stakeholder diluar pemerintahan yang bergabung kedalam Satgas tersebut, beliau memaparkan saat ini instansi dan lembaga yang baru tergabung antara lain Korem 042/Gapu, Tagana, BPBD, BMKG,  dan Damkar,” ujarnya.

Mayor Aco, kata Sidik, sangat berharap adanya sinergi dari Masyarakat ataupun NGO yang ikut menjadi bagian dari satgas tersebut, mulai dari kegiatan monitoring hutan melalui monitor khusus diruangan yang telah disediakan, pemantauan hotspot dan drone hingga ikut terjun kelapangan saat terjadinya karhutla, namun, kata Mayor Aco, segala program yang akan masuk tentu akan dibahas terlebih dahulu melalui jalur kordinasi ke Danrem serta stakeholder terkit.

“Namun beliau akan mengupayakan agar adanya pihak diluar plat merah yang gabung dalam satgas ini, apalagi MRI menjadi yang pertama sebagai NGO yang menawarkan diri bergabung ke Satgas Karhutla, padahal masih banyak NGO yang secara umur organisasi sudah sangat dewasa namun belum ada kordinasi kekami.” Jelasnya.

Selain pembahasan Karhutla, Muhammad Sidik juga mengajak anggota dari Danrem 04/Gapu untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam kegiatan sosial yang menjadi program MRI, salah satunya penyaluran Air Bersih, MRI menawarkan agar setiap distribusi Air Bersih ke desa-desa selalu ada anggota dari Militer dalam hal ini bintara ataupun babinsa ikut melakukan pendampingan, agar ada hasil positif  dari masyarakat terhadap TNI dalam manunggal bersama Rakyat.

“Mayor Aco pun menyambut baik akan hal ini, dan siap membantu MRI mengirimkan personel dalam setiap pendampingan distribusi Air,” pungkasnya.