Ribuan Rumah Hangus Terbakar di Pemukiman Kumuh Bangladesh

Dhaka, relawan.id – Kebakaran hebat melanda pemukiman kumuh di Ibu Kota Bangladesh, Dhaka. Dalam kebakaran tersebut menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggalnya. Ada sekitar 1.200 gubuk seng hancur terbakar api di pemukiman kumuh Chalantika pada Jumat, 16 Agustus. Kebanyakan rumah di wilayah tersebut memakai atap plastik, yang membantu api cepat menyebar.

Meski demikian, dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, walaupun beberapa orang dilaporkan terluka. Sebagian besar penduduk pemukiman itu adalah pekerja berpenghasilan rendah dan sedang tidak di rumah.

Sampai saat ini penyebab kebakaran masih belum diketahui. Jumlah korban yang kehilangan rumah mereka dalam kejadian itu mencapai 3.000 orang.

“Menurut komite investigasi kami, 1.200 gubuk rusak dan dari 750 gubuk ini terbakar total,” kata Enamur Rahman, Menteri Junior Manajemen Bencana dan Bantuan Bangladesh dikutip Reuters, Selasa (20/8/2019).

Setelah insiden tersebut, pemerintah mengatakan akan segera memberikan bantuan kepada ribuan orang yang sekarang tidak memiliki tempat berlindung.

“Saya tidak bisa menyelamatkan satu hal pun. Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan,” ujar Abdul Hamid, yang mengelola warung teh di dalam daerah kumuh itu..

Menurut pejabat dinas pemadam kebakaran, Ershad Hossain mengatakan kepada AFP bahwa sekira 10.000 orang tengah ditampung di sekolah-sekolah yang tutup selama festival Idul Adha. Pemadam kebakaran membutuhkan waktu enam jam untuk memadamkan api, dan penyelidikan telah dilakukan.