Ini Deretan Manfaat Baca Qur’an Bagi Kesehatan, Bisa Hancurkan Sel Kanker Juga!

Jakarta, relawan.id- Membaca Al-Qur’an selain bernilai pahala, ternyata juga memberikan dampak positif bagi kesehatan manusia.

Hal ini sudah Allah SWT tegaskan dalam surat Al Isra ayat 82 yang artinya: “Dan Kami turunkan dari Alquran yang menjadi syifa’ (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman 

Menariknya, Al-Quran sebagai obat juga dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ahmed Al-Qadhi dari Klinik Besar Florida, Amerika Serikat.

“Membaca atau memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an saja sudah dapat memberikan perubahan fisiologis yang besar bagi tubuh manusia,” kata dia. 

Berikut rangkuman berbagai manfaat membaca Al-Qur’an bagi kesehatan:

1.Membaca Al-Qur’an terbukti efektif meredakan stres dan kecemasan.

Manfaat langsung yang bisa dirasakan saat kita membaca Al-Qur’an adalah ketenangan jiwa. Sebuah studi di Universitas Salford, Inggris, membuktikan, orang-orang yang membaca dan melantunkan Al-Qur’an menjadi lebih rileks dan tenang dibanding mereka yang membaca buku biasa. 

2. Menstabilkan tekanan darah dan denyut jantung

Lantunan ayat Al-Qur’an memberi efek relaksasi bagi mereka yang membaca ataupun mendengarkannya. Hal ini terbukti menjadi solusi yang paling jitu untuk menormalkan tekanan darah dan denyut jantung yang sedang tidak stabil. Proses relaksasi yang merangsang pengaktifan sekaligus pengendalian saraf otonom (saraf simpatis dan parasimpatis) sehingga akan menciptakan tekanan darah juga denyut jantung yang stabil.

3. Meningkatkan daya ingat dan mempertajam konsentrasi

Orang yang rajin membaca Al-Qur’an terbukti memiliki daya ingat yang lebih baik. Selain itu, membaca Al-Qur’an juga secara otomatis mampu membuat otak lebih fokus sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi. Karenanya, sangat disarankan bagi Anda yang bekerja di kantor untuk membiasakan diri membaca Al-Qur’an selama 10 hingga 15 menit di pagi hari untuk membantu Anda agar lebih fokus memulai pekerjaan. 

4. Membantu menghancurkan sel-sel kanker.

Salah satu hasil penelitian Dr Ahmed Al-Qadhi menyebutkan, lantunan ayat suci Al-Qur’an mengembalikan keseimbangan sel-sel sehat dalam tubuh sehingga dapat melawan sel-sel kanker. Selain itu, membaca dan mendengar lantunan ayat Al-Qur’an juga sangat baik untuk meningkatkan sel-sel imun sehingga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan virus dan bakteri. 

Masih banyak lagi manfaat lainnya dari membaca Al-Qur’an. Nah, buat kamu yang masih belum lancar baca Al-Qur’an, mungkin bisa mencoba belajar melalui sistem online seperti yang ditawarkan oleh bisaquran.com. 

Bisaquran.com menghadirkan sarana full digital berupa kelas online berbasis aplikasi instant messaging, atau menggunakan website khusus sebagai Learning Management System (LMS), dan ada pula yang menggunakan sistem hybrid yakni menggabungkan materi klasik berupa buku dan video pembelajaran.

Tidak hanya belajar membaca Al-Qur’an yang bisa lewat online, belajar tafsir. Seperti yang ditawarkan oleh tafsirweb.com, yang memberikan akses untuk mempelajari tafsir al-Qur’an dengan beragam versinya. Di antaranya yakni, Tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia, Tafsir Kementerian Agama Saudi Arabia, dan lain sebagainya. Semuanya tersedia gratis untuk dibaca.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa belajar Al-Qur’an dan tafsirnya. Apalagi, dengan tersedianya system online yang terpadu dan sangat memudahkan Anda karena aksesibilitasnya yang bisa dilakukan di mana-mana. Lantas mau apa lagi? Ayo belajar Al-Qur’an sekarang.