MRI Jambi Gelar Volunteer Camp Batch 1

Jambi, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jambi menggelar Volunteer Camp Batch 1 selama tiga hari di Alam Sebapo, Mestong, Jumat (23/8/2019). Kegiatan ini dibuka dengan pelaksanaan Apel oleh Ketua MRI Jambi, Muhammad Sidik.  

Dalam sambutannya, Sidik selaku Ketua MRI Jambi mengatakan bahwa masalah sosial kemanusiaan di Jambi banyak sekali dan kompleks. Maka dari itu, kita sebagai entitas relawan yang terlatih, harus bergerak untuk membantu menyelesaikan problematika-problematika yang ada.

“Volunteer Camp ini menjadi awalan yang baik untuk mengkonsolidasi dan menguatkan kontribusi relawan di masyarakat. Setelah Volunteer Camp, kita akan buat gerakan-gerakan yang besar di Jambi. Dengan latar belakang relawan yang variatif membuat kita makin kaya dan leluasa dalam berkolaborasi dengan siapapun untuk kebaikan,” katanya.

Tak hanya itu, pada kesempatan ini juga turut dihadiri Kepala Akademi Relawan Indonesia (ARI), Andri Perdana. Dia berharap relawan dapat menguatkan tiga nilai utama organisasi yaitu kemanusiaan, kerelawanan, dan kedermawanan. Sehingga, peserta dapat memahami perannya sebagai relawan yang akan menyelesaikan berbagai persoalan kemanusiaan yang terjadi di berbagai daerah Provinsi Jambi, seperti bencana kekeringan, kebakaran hutan, kemiskinan, kurangnya literasi atau pendidikan, pengangguran dan lainnya.

“Selain itu peran relawan dengan formulasi ACT (Action, Communication & Trust) juga akan menggerakan kepedulian para dermawan untuk membantu masyarakat yang masih membutuhkan,” ungkapnya.

Selama tiga hari, Relawan yang mengikuti Volunteer Camp diberikan bekal pengetahuan dan wawasan seperti Wawasan Kebangsaan, Mitigasi Kebakaran, P3K, Pengelolaan Bencana, Outbound, Assesment & Social Mapping. Setelah Volunteer Camp peserta akan melaksanakan penugasan selama satu bulan berupa Volunteer Expedition yaitu Program KKN Relawan diberbagai daerah di Provinsi Jambi untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan selama Volunteer Camp ini.