Manfaatkan Hari Libur, Siswa SMA di Yogyakarta Ikut Philanthropy Course

Yogyakarta, relawan.id – Akademi Relawan Indonesia (ARI) menggelar Philantrophy Course dengan tema “Students Care For Humanity” di Hotel Musafira, Yogyakarta, Ahad (1/9/2019).

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 66 pelajar SMA/sederajat se-DIY yang mencakup seluruh daerah di DIY, bahkan kebanyakan berasal dari daerah yang cukup jauh dari lokasi kegiatan seperti dari Wates (Kab.Kulonprogo), Turi Pakem Minggir (Sleman), dan daerah lainnya. Semangat siswa-siswa SMA ini menjadi inspirasi baru untuk menggerakan kebaikan dan kepedulian di masa mendatang.

Dalam sambutannya, Andri selaku kepala ARI, mengatakan bahwa isu kemanusiaan bukan hanya menjadi tanggung jawab orang dewasa dengan banyak pengalamannya, namun merupakan tanggung jawab dari semua orang, termasuk kalangan muda.

“Philantrophy Course ini merupakan sarana pembentukan karakter peduli dan ikhlas sejak dini. Anak-anak muda akan menjadi generasi penerus bagi bangsa dan negara dalam pembangunan di masa mendatang. Setelah mengikuti sesi materi kelas, peserta diberikan penugasan untuk langsung mengaplikasikan bekal yang diberikan oleh Trainer, sehingga semangat #SemuaBisaJadiRelawan dapat menginspirasi banyak orang, baik disekolah, rumah, kampung maupun keluarga,” ujarnya, Senin (2/9/2019).

Pada sesi pertama, Program Philanthropy Course menghadirkan narasumber Cipto Sugiarto selaku koordinator Bidang Pengembangan Organisasi dan Diklat MRI Pusat yang menyampaikan tentang “Humanity, Philantrophy, dan Volunteerism”. Peserta terlihat sangat antusias, menandakan kerelawanan merupakan sesuatu yang menarik.

“Harapannya semangat kerelawanan menjadi trend anak muda saat ini dan menciptakan penggerak dalam memberikan solusi terhadap permasalahan sosial kemanusiaan dan menggerakan kepedulian dari masyarakat”, tuturnya.