Tumbuhkan Jiwa Sosial, MRI Wonosobo Gelar Orientasi Relawan

Wonosobo, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Wonosobo menggelar Orienatasi Relawan di Kedai Kokas, Wonosobo, Ahad (1/9/2019). Kegiatan tersebut merupakan bentuk pengenalan mengenai MRI maupun Aksi Cepat Tanggap (ACT).

“Kegiatan ini dihadiri oleh 12 calon relawan dan 3 orang dari perwakilan wilayah, termasuk ketua MRI Jawa Tengah Giyanto, sambutan sekaligus pemaparan sekilas tentang MRI mengawali acara pada pagi hari tadi yang disampaikan langsung oleh ketua MRI Wonosobo Rosid Al Usman,” ujar Humas MRI Jawa Tengah, Muhammad Afifuddin, Selasa (3/9/2019).

Pada kegiatan orientasi relawan ini disampaikan pengenalan sejarah MRI, sejarah ACT, serta informasi program-program apa saja yang sudah dilakukan.

Afifuddin menyampaikan, ada syarat bagi orang yang ingin mengikuti orientasi relawan. Syarat itu mudah, yaitu harus punyai jiwa sosial.

“Yang penting ada jiwa kesosialan, kepedulian, kerelawanan, serta berkomitmen untuk kedepannya dapat terjun di dunia relawan,” ungkapnya.

Pihaknya tidak membatasi usia peserta yang akan mengikuti kegiatan ini. Siapa saja boleh berpartisipasi dalam kegiatan orientasi relawan ini. “Acara-acara kita itu tidak dibatasi usia. Adik-adik SMA juga bisa ikut,” tukasnya

Afifuddin mengatakan, target dari program orientasi relawan yakni dapat merekrut relawan baru dari berbagai macam bidang, usia, suku. Dia pun berharap ke depannya, kegiatan orientasi ini dapat menampung teman-teman yang ingin menjadi relawan tapi belum tahu ingin bergabung dimana.

Tidak hanya itu, dia juga berharap dapat membuka wawasan dunia kerelawanan yang luas, tidak hanya kebencanaan. “Tapi ada relawan lingkungan, relawan pendampingan masyarakat relawan medis, relawan rescue,” ucapnya.