Gunung Tangkuban Parahu Kembali Erupsi

Jakarta, relawan.id – Gunung Tangkuban Parahu, Jawa Barat kembali mengalami aktivitas erupsi, Rabu (4/9). Erupsi yang terjadi tercatat pukul 07.24 WIB.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM dalam keterangannya menyebut erupsi menerbangkan kolom abu hingga 100 meter dari dasar kawah. Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu.

“Intensitas kolom abu tebal, condong mengarah ke selatan dan barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 50 mm dan durasi kurang lebih 58 detik,” tulis PVMBG, Rabu (4/9/2019).

Status Gunung Tangkuban Parahu masih berada di level II (waspada).

Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu serta wisatawan/pendaki diimbau untuk tidak mendekati kawah.

Radius aman masih berada di 1,5 kilometer dari kawah aktif. Kawasan Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu direkomendasikan untuk sementara ditutup sampai jarak aman di atas.

“Masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang letusan, dan tetap mengikuti arahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat,” tulis imbauan tersebut.

Aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Parahu meningkat sejak 26 Juli lalu. Gunung tersebut mendadak mengeluarkan kolom abu teramati 200 meter di atas puncak atau sekitar 2.285 m di atas permukaan laut.