MRI Sumut Lakukan Assessment Warga Terdampak Angin Puting Beliung

Sumut, relawan.id – Angin puting beliung menerjang sejumlah daerah di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara (Sumut) dan merusak sejumlah rumah, Selasa (3/9/2019).

Salah satu relawan, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumut, Muhammad Rozi mengatakan bencana alam Puting Beliung yang terjadi di Kabupaten Batu Bara telah menghantam 47 rumah yang tersebar di 3 Kecamatan di Batu Bara.

“Diantaranya Kecamatan Laut Tador, Kecamatan Medang Deras dan Kecamatan Nibung Angus. Hari ini Tim MRI Batu Bara melakukan Assessment di Kecamatan Nibung Angus, dimana terdapat 8 rumah yg terkena musibah dan rumah sebagian rusak berat. Dari 8 rumah yang rusak, 5 rumah dalam keadaan tanpa atap dan 3 Rumah tidak layak huni,” ujar Muhammad Rozi, Jumat (6/9/2019)

Selain itu di desa Ujung Kubu di Kecamatan yang sama terkena dampaknya dimana ada 3 rumah yang mengalami kerusakan parah. Para korban bencana puting beliung sudah mendapatkan bantuan dari BNPB Kabupaten Batu Bara berupa pakaian, selimut, kain sarung dan lain lain.

“Bapak Camat Nibung Angus juga turut membantu berupa sembako dan lain lain. Dan hingga hari ini belum ada bantuan berupa bahan-bahan bangunan atau konstruksi untuk warga sekitar bertempat tinggal kembali dengan layak,” ungkapnya.

Warga yang terkena dampak berharap adanya bantuan bahan bangunan agar dapat memperbaiki rumahnya sehingga dapat tinggal seperti semula lagi. “Untuk bencana tersebut Alhamdulillah tidak ada korban jiwa hanya saja sebagian rumah yg terkena dampak yang parah sedang dalam keadaan mengungsi,” tukasnya.