MRI Demak dan RPI Bagikan Paket Kemanusiaan di LKSA Khaira Ummah

Demak, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Demak dan Relawan Pelajar Indonesia (RPI) membagikan sejumlah paket kemanusiaan untuk para santri Lembaga Kesejahteraan Anak Yatim Duafa (LKSA) Khaira Ummah yang berlokasi di Desa Sriwulan Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Jawa Tengah, Sabtu (7/9/2019).

“Warga setempat memberikan santunan per bulan sebesar Rp 20.000 – Rp 50.000 per rumah secara sukarela, dan terdapat 40 kepala keluarga sehingga untuk operasional masih sangat minim. Sedangkan ada sebanyak 28 santri yang masih bersetatus pelajar setingkat SD, SMP hingga SMA. Semua biaya ditanggung oleh panti asuhan ini,” ujar Pengelola Panti Asuhan, Mufaridho, Ahad (8/9/2019).

Humas MRI Jateng, Muhammad Afifudin mengatakan Panti Asuhan Khoira Ummah telah berdiri sejak 2003. Panti asuhan tersebut juga telah meluluskan beberapa santri. Hal menarik yang tim relawan temukan, bahwa santri Khoira Ummah memiliki berbagai program berbasis pesantren dan pengembangan softskill untuk pembekalan santri.

“Kegiatan shalat berjamaah dan mengaji juga menjadi agenda wajib harian, sedangkan hari libur diisi dengan kegiatan softskill seperti pengolahan sampah menjadi ecobrick dan aneka kerajinan tas. Salah satu santri putra bahkan berhasil menjadi juara 3 pencak silat tingkat nasional jenjang SMA di Unissula 2018 lalu,” ungkapnya.

“Potensi baik ini tentu menjadi tantangan bagi relawan untuk terus membantu meningkatkan softskill para santri sehingga mampu meluluskan santri yang tangguh dan bermanfaat untuk masyarakat,” tambahnya.