Peringati 10 Muharram, MRI Ajak Jalan-Jalan Anak Yatim

Langkat, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Langkat mengadakan kegiatan perlombaan 17 Agustus di Panti Asuhan Darul Yatama Pangkalan Brandan. Saat waktu shalat dzuhur tiba, semua relawan MRI Langkat dan anak-anak bersiap untuk melakasanakna shalat berjamaah.

Setelah selesai shalat dzuhur, terlihat wajah riang gembira terpancar dari anak-anak berumur 6-10 tahun tengah berbaris rapi di tengah terik matahari, entah apa yang mereka tunggu. Rasa penasaran pun akhirnya terjawab setelah mobil berwarna putih menghampiri anak-anak tersebut. Ternyata anak-anak itu menunggu sebuah jemputan yang akan membawa mereka jalan-jalan dan mendapatkan santunan.

Mungkin penampakan tersebut bukan sebuah kebetulan, tapi memang sudah suratan yang Maha Kuasa agar kita sebagai makhluk sosial dapat membantu anak-anak tersebut. Kita beruntung bisa pergi jalan-jalan kapanpun dan kemanapun yang kita mau. Tapi mereka tidak seberuntung kita. Dengan naik mobil saja mereka sudah senang.

Oleh karena itu di momen 10 Muharram yang dikenal dengan Idul Yatama atau hari raya anak yatim, MRI Langkat mengajak mereka untuk berlibur ke kebun binatang “Medan Zoo”, tak hanya ke Medan Zoo, anak-anak juga diajak ke Masjid Raya Al-Maksum dan Istana Maimun. Semoga dengan begitu dapat bertambah kegembiraan mereka.

Karena salah satu momen yang sering dijadikan sarana berbagi rezeki pada anak yatim yaitu pada 10 Muharram yang dikenal sebagai Lebaran anak yatim. Yatama yang bertepatan dengan tanggal 10 Muharram (Asyura) sebenarnya bukan hari raya sebagaimana hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Istilah Idul Yatama hanya sebagai ungkapan kegembiraan bagi anak-anak yatim.

Alasannya pada tanggal tersebut, banyak orang yang memberikan perhatian dan santunan kepada mereka. Momentum 10 Muharram dijadikan sebagai Idul Yatama, berdasarkan anjuran untuk menyantuni anak-anak yatim pada hari tersebut. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW sangat menyayangi anak-anak yatim. Dan beliau lebih menyayangi lagi pada hari Asyura (tanggal 10 Muharram).

Dimana pada tanggal tersebut, Nabi Muhammad SAW menjamu dan bersedekah bukan hanya kepada anak yatim, tapi juga keluarganya. Dalam kitab Faidul Qadir disebutkan, menjamu anak yatim dan keluarganya pada tanggal 10 Muharram merupakan sunnah Nabi SAW dan pembuka keberkahan hingga setahun penuh.

Dalam kitab Tanbihul Ghafilin bi-Ahaditsi Sayyidil Anbiyaa-i wal Mursalin disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa berpuasa para hari Asyura (tanggal 10) Muharram, niscaya Allah akan memberikan seribu pahala malaikat dan pahala 10.000 pahala syuhada’. Dan baragsiapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura, niscaya Allah mengangkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya”.

Dan semoga kita termasuk orang yang memuliakan anak yatim, karena kata Rasul ganjaran bagi yang memuliakan di akhirat kelak kedudukannya seperti jari telunjuk dan jari tengah di surga nanti.

Bantu mereka, agar wajah mereka bisa tersenyum dan gembira dengan menyisihkan rezeki kita. Bukankah ini menjadi tanggung jawab kita sebagai bagian dari umat Islam dengan membahagiakan anak yatim. Oleh karena itu, MRI Langkat mengajak para dermawan untuk berpartisipasi memberikan bantuan dan sedekah kepada anak-anak yatim, melalui:

BNI Syariah: 0568-6589-63 (Atas Nama: Bela Rizkia)

BRI: 3371-0103-3518-535 (Atas Nama: Zubaidah)

Konfirmasi Donasi 0813-7680-1965 (Ubai), informasi lebih lanjut via WA 0857-61833066.