Kabut Asap Semakin Pekat, MRI Batam Bagikan 1000 Masker

Kepri, relawan.id – Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa wilayah semakin pekat, termasuk di Kepri. Jarak pandang pun hanya ratusan meter.

Maka dari itu, MRI Batam bekerjasama ACT Kepri, KAMMI Hang Nadim, KAMMI Barelang Raya dan Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Negeri Batam membagikan 1000 masker untuk masyarakat Batam, hal ini dilakukan karena kondisi udara di Batam dalam beberapa hari terakhir berselimut kabut asap dan status ISPU (Indeks Standar Pencemaran Udara) di Batam menunjukan 164 menurut Pengukur Udara Pertamina yang masuk dalam kategori tidak sehat.

Selain itu, dalam aksi kali ini juga dilaksanakan Penggalangan Donasi untuk masker korban kabut asap di wilayah Provinsi Riau dan Provinsi Kalimantan dan juga sekitarnya. Dengan menggunakan Kardus Donasi, para relawan mendapatkan sambutan simpati dari para pengendara yang memberikan donasinya.

Aini, salah satu relawan MRI Batam mengatakan, lokasi pembagian masker kali ini dilaksanakan di simpang Franky, Batam Centre. Pembagian masker dan galang dana ini akan dilaksanakan sampai seminggu kedepan, di berbagai titik persimpangan di Kota Batam.

“Kita juga tadi pagi sempat membagikan masker untuk anak-anak sekolah di Yayasan Mahabbatul Haq, dan insyaAllah akan terus menggalang donasi dan membagikannya untuk masyarakat Batam dan juga mengirimkan donasi untuk daerah-daerah terdampak kabut asap ini,” ungkapnya, Jumat (20/9/2019).

Aksi yang dimulai pukul 15.00 WIB – 17.30 WIB ini juga dihadiri oleh Ketua MRI Kepri Guntar Saftawan, dan Ketua ACT Kepri yang juga sempat memberikan arahan kepada relawan terkait tujuan dan teknis aksi ini.