Atasi Bencana Kabut Asap, Relawan MRI Sudah Tiba di Riau

Riau, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dari berbagai wilayah mengirimkan para relawan terbaiknya untuk memberikan bantuan untuk masyarakat yang terkena dampak kabut asap.

Para relawan sudah datang ke Riau dari beberapa daerah, seperti Sumbar, Sumut, dan Aceh. Relawan pun sudah berada di sekitar lokasi kebakaran hutan dan lahan di Riau untuk ikut membantu serta memberikan pertolongan.

“Beberapa relawan sudah hadir, dan sudah ikut aksi pemadaman, saya berharap kebakaran hutan dan lahan ini bisa segera berakhir sehingga semua orang bisa kembali merasakan nikmat udara segar,” ujar salah satu relawan, Fanny di Riau, Selasa (24/9/2019).

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pekan lalu menyebut luas hutan dan lahan yang terbakar di seluruh Indonesia selama Januari hingga Agustus 2019 mencapai 328.724 hektare.

“Luas lahan terbakar terbanyak ada di Provinsi Riau, yaitu mencapai 49.266 hektar,” kata Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Agus Wibowo.

Ia merincikan, kebakaran hutan dan lahan juga terjadi di Kalimantan Tengah dan mencakup area seluas 44.769 hektare.

Selain itu kebakaran hutan dan lahan meliputi area seluas 25.900 hektare di Kalimantan Barat, 19.490 hektare di Kalimantan Selatan, 11.826 hektare lahan di Sumatera Selatan, dan 11.022 hektare lahan di Jambi.