Bantu Korban Kabut Asap, MRI Dirikan 7 Posko

Riau, relawan.id – Sebagian wilayah Provinsi Riau diguyur hujan disertai angin kencang pada Senin (23/9/2019) sore. Kota Pekanbaru yang sebelumnya diselimuti kabut asap pekat langsung terang benderang hingga jarak pandang normal.

Meski jarak pandang mulai normal, tapi aktivitas sekolah masih diliburkan karena kondisi kabut asap masih menyelimuti dan dapat membahayakan kesehatan mereka. Dampak kabut asap juga merugikan pertanian, peternakan, hingga sektor bisnis jasa.

Dampak kabut asap juga masih dirasakan diberbagai daerah, maka dari itu Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) mendirikan 7 posko yang tersebar dibeberapa wilayah dan daerah, hal itu dilakukan untuk evakuasi korban bencana kabut asap.

Tak hanya itu, relawan MRI juga akan membantu untuk memadamkan api, mendistribusikan makanan, air, layanan medis, layanan makan gratis dan pembagian masker. Mereka akan bergabung dengan tim yang sebelumnya sudah berada di sana.

 “”Untuk tugasnya yakni memadamkan api, distribusi pangan, dan ahli gizi serta kesehatan masyarakat. Para relawan nantinya akan ditambah sesuai kebutuhan di lokasi yang terdampak asap dari kebakaran hutan dan lahan,” kata Kabid Pengembangan Organisasi MRI Pusat, Fanny Irfan, saat dihubungi, Selasa (24/9/2019).

Hujan yang terjadi kemarin, Senin (23/9) sore membuat jarak pandang di Riau membaik. Sebelumnya jarak pandang hanya 500 meter, kini mencapai 1.800 meter. Warga pun berharap api kebakaran hutan juga ikut padam. Karena mereka mengaku sudah tidak kuat menghirup asap yang bikin sesak napas.