Gempa Bermagnitudo 6,8 Guncang Ambon, MRI Maluku: Warga Siaga Gempa Susulan

Ambon, relawan.id – Gempa dengan magnitudo 6,8 mengguncang Ambon, Maluku pada Kamis pagi (26/9/2019) pada pukul 06.46 WIB. Kedalaman gempa 10 km.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, lokasi gempa 3.38 Lintang Selatan, 128.43 Bujur Timur atau 40 km Timur Laut Ambon, Maluku.

Plt Kapusdatinmas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo menyatakan, hasil analisis http://realtime.inasafe.org menunjukkan, gempa ini terjadi didarat dengan intensitas maksimum VII-VI MMI.

“Nilai ini menunjukkan goncangan kuat dan kemungkinan membuat kerusakan untuk bangunan yang tidak tahan gempa,” katanya, Kamis (26/9/2019).

Sementara itu, Humas MRI Maluku, Iqbal Kumkelo mengatakan saat ini warga dalam keadaan siaga, karena ditakutkan bakal ada gempa susulan, gempa yang terjadi mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal.

“Gedung Rektorat IAIN Ambon retak dan mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal, tak hanya itu, masyarakat di Kota Ambon dan sekitar sudah mengungsi ke gunung-gunung,” tukasnya.