ACT Gandeng Ikatan Alumni Gamais Gelar FGD Sanitasi di Masjid

Jakarta, relawan.id – Perilaku dan kesadaran diri dalam menjaga kebersihan lingkungan serta tempat buang air yang bersih dan higienis masih kurang di lingkungan tempat ibadah seperti Masjid. Seharusnya masjid menjadi tempat yang bersih.

Menanggapi hal itu, Ikatan Alumni Gamais Keluarga Mahasiswa Islam (IAG) Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar Focus Group Discussion dengan tema “Standar Sanitasi Masjid di Indonesia”. Hasil dari FGD ini diharapkan akan menghasilkan gagasan agar masyarakat memiliki sebuah kesadaran pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan masjid.

“Sanitas tidak pernah dilakukan orang, yang konsen dengan sanitasi masjid sangat sedikit, padahal yang pertama kita lihat adalah tempat wudhu dan toilet dari situ kita bisa menilai seberapa besar kesadaran orang,” ujar Ketua Ikatan Alumni Gamais, Jaka Sumanta, Selasa (1/10/2019).

Tak hanya itu, sanitasi masjid juga masih banyak yang masih kurang bersih, salah satu faktornya adalah karena kondisi ketersediaan air, apalagi menjelang musim kemarau banyak masjid yang kurang terawat di toilet masjid, seperti di daerah Jawa.

“Fungsi masjid kini sangat luas, masjid digunakan oleh para pengungsi yang terdampak bencana, maka dari itu perlunya sanitasi di masjid dengan membersihkan septic tank 2 tahun sekali,” tuturnya.