Sempat Kondusif, Riau Kembali Diselimuti Kabut Asap

Riau, relawan.id – Pekanbaru, Riau kembali diselimuti asap tipis pada Selasa (1/10/2019). Padahal daerah ini sempat kondusif karena diguyur hujan beberapa hari.

“Yang jelas masih terlihat asap, meskipun jarak pandang masih jauh tetapi jelas ada asapnya, dari ISPU Pekanbaru masih sehat,” ungkap Humas MRI Sumut Romy False.

Kabar kabut asap kembali selimuti Pekanbaru berawal dari informasi salah satu relawan yang hendak pulang dari Riau yang melewati Pekanbaru, karena relawan ini turut membantu masyarakat yang terdampak kabut asap di Riau.

“Dan dia (relawan) juga mendapatkan informasi dari warga sekitar bahwasannya ada titik kebakaran di Pekanbaru dan Riau sekitar 70km,”tuturnya.

Sebelumnya, kabut asap akibat karhutla di wilayah Riau berangsur berkurang, termasuk jumlah titik api yang saat ini sudah tidak ada. Pemprov Riau berharap hujan turun sehingga kualitas udara wilayahnya semakin stabil.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan meski sudah mencabut status darurat pencemaran udara, pihaknya tetap dalam status siaga karhutla.

“Untuk status siaga karhutla tetap sampai 31 Oktober 2019. Mudah-mudahan semua tetap stabil. Mohon doanya semoga turun hujan dan kita pertahankan titik api nihil, sekarang kan titik api nihil,” ujarnya Selasa (1/10/2019).