Ini Tips Mengatasi Kecanduan Internet

Jakarta, relawan.id – Adanya smartphone dan internet memang sangat memudahkan kehidupan sehari-hari. Namun, penggunaannya pun perlu adanya batasan. Sebab, jika tidak, hal ini justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Oleh karena itu, banyak orangtua yang khawatir anak mereka mengalami kecanduan internet. Pasalnya, banyak anak menghabiskan banyak waktu di internet baik untuk bermain, menonton video, maupun sejumlah hal lainnya.

Masalah kecanduan internet ini memang sedang banyak dialami saat ini, terutama karena kita tak bisa lepas dari penggunaan internet sehari-hari. Bukan hanya pada anak-anak saja, masalah ini juga bisa dialami orang dewasa bahkan hingga manula.

Penyakit kecanduan internet sendiri pada saat ini sudah didiagnosis sebagai penyakit. Terdapat sebutan lain untuk masalah ini seperti Problematic Internet Use (PIU), Compulsive Internet Use (CIU) atau iDisorder.

Sejumlah kondisi ini mempengaruhi pusat kesenangan di otak. Berdasar sejumlah penelitian, dampak yang dialami dari kecanduan internet sama dengan kecanduan alkohol atau obat-obatan.

Pusat kesenangan di otak menstimulasi produksi dopamin serta perilaku seseorang. Kecanduan atau kesenangan pada aktivitas tertentu bisa terjadi karena seseorang merusaha meraih respons kesenangan tertentu.

Penyakit ini bisa mempengaruhi tubuh dalam berbagai hal. Gejala yang ditimbulkan juga tampak secara emosi maupun fisik.

Gejala Emosional dari Kecanduan Internet

  • Cemas, takut, dan merasa terancam
  • Mempertahankan diri
  • Tidak jujur
  • Kesepian dan depresi
  • Kesenangan berlebih ketika menggunakan komputer
  • Rasa bersalah
  • Ketidakmampuan mengikuti jadwal
  • Terasing
  • Mood yang berubah-ubah
  • Ragu-ragu

Gejala Fisik dari Kecanduan Internet

  • Sakit punggung
  • Sindrom lorong karpal
  • Sakit kepala
  • Insomnia
  • Sakit leher
  • Berat badan turun atau naik
  • Kebersihan diri yang buruk
  • Masalah mata

Cara Mengatasi Kecanduan Internet

Mengatasi kecanduan internet bisa jadi sulit atau mudah tergantung kondisi. Hal pertama yang harus diketahui seseorang adalah mengetahui ketika penggunaan internetnya sudah berlebihan.

  • Melakukan kegiatan yang Anda senangi (hobi), dengan begitu Anda dapat mengurangi intensitas penggunaan internet.
  • Anda dapat melakukan detoks internet dengan cara tidak berhubungan dengan alat elektronik yang berhubungn dengan internet pada waktu-waktu tertentu. Ketika Anda sedang melakukan detoks internet Anda dapat mengisi waktu dengan kegiatan seperti berolahraga, membaca buka, atau melakukan hal-hal simple seperti menata ruangan.
  • Berinteraksi dengan teman secara langsung, dan membuat waktu yang berkualitas dengan tidak menggunakan Gadget.
  • Jangan membiasakan menggunakan internet untuk mencari hiburan, karena dengan banyaknya hiburan yang kita lihat diinternet sepeti, game online, video online dan sebagainya akan menyebabkan berkurangnya waktu Anda untuk bersosialisasi dengan orang-orang terdekat anda.