MRI Sumut Gelar Pelatihan Mitigasi untuk Pelajar

Sumut, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumatera Utara menggelar mitigasi bencana live RRI bersama pelajar SMA 13 Negeri Medan dalam program “Kentong Kebencanaan” yang digelar di Sekolah SMA Negeri 13 Medan, Selasa (8/10/2019).

Materi pelatihan mitigasi bencana diisi langsung dari tim MRI Sumut kepada seluruh peserta yang terdiri 300 siswa. Sosialisasi dan simulasi ini berfokus pada kesiapsiagaan sekolah dan siswa didik terhadap datangnya bencana di sekolah, terutama gempa bumi dan kebakaran.

“Jika terjadi bencana jangan panik, slow saja atau cool man, jika kita tetap tenang kita bakal mudah mengatasi bencana” ujar tim rescue MRI yang tak mau disebutkan namanya.

Panitia pelaksana dan kepala sekolah mengucapkan terima kasih kepada MRI Sumut yang sudah memberikan ilmu mitigasi bencana kepada sekolahannya, tentunya ilmu ini akan sangat berguna.

“Anak-anak zaman sekarang kalau tidak dihadirkan kegiatan ini mereka belum tentu mau mencarinya, kalau pun mereka mencarinya belum tentu menemukan yang pas, informasi ini sangat bermanfaat bagi anak-anak, kami jadi mengerti teknik dan cara mengatasi bencana,” ujar panitia yang tak mau disebutkan namanya.

Selain di SMA 13 Negeri Medan, MRI Sumut juga menggelarnya di Sekolah Al-Azhar Medan dengan jumlah 59 siswa, kegiatan ini juga dilakukan praktek di lapangan bagaimana cara memadamkan api. “Jika terjadi bencana jangan panik, tetap tenang, jika kita tetap tenang kita baka mudah mengatasi bencana,” ujar Zulham selaku relawan.

Ketua LPIA Al-Azhar Medan mengucapkan terima kasih kepada MRI Sumut yang telah memberikan pengetahuan yang tak ternilai, karena dengan ini para siswa akan lebih tenang jika menghadapi bencana.

“Terima kasih banyak kepada adik-adik MRI atas Ilmu mitigasi bencana yang diberikan kepada anak-anak kami,” ungkapnya.