10 Makanan untuk Tingkatkan Memori Otak

Jakarta, relawan.id – Kesehatan otak merupakan hal penting yang tidak bisa diabaikan. Otak merupakan bagian penting yang dapat memengaruhi seluruh kehidupan manusia, khususnya dalam mengendalikan kinerja tubuh.

Dilansir dari MedicalNews, Rabu (9/10/2019), makanan yang kita miliki dapat berdampak besar pada struktur dan kesehatan otak kita. Makanan diet yang meningkatkan otak dapat mendukung fungsi otak jangka pendek dan jangka panjang.

Otak adalah organ yang membutuhkan nutrisi tinggi dan menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh, sehingga perlu mempertahankan konsentrasi yang baik sepanjang hari.

Otak juga membutuhkan nutrisi tertentu untuk tetap sehat. Asam lemak omega-3, misalnya, membantu membangun dan memperbaiki sel-sel otak, dan antioksidan mengurangi stres dan peradangan, yang terkait dengan penuaan otak dan gangguan neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer.

Berikut makanan yang dapat meningkatkan kinerja otak dan memori Anda.

1. Alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Lemak ini diketahui sangat mendukung fungsi kinerja otak serta mampu menurunkan risiko masalah kognitif. Buah alpukat memiliki kandungan asam folat, vitamin K dan nutrisi penting lainnya di dalamnya.

2.   Brokoli

Menurut sebuah studi pada 2016 lalu, vitamin K merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air di mana berkaitan dengan meningkatkan daya ingat seseorang. Nah, vitamin K banyak ditemukan pada sayuran brokoli. Tidak hanya vitamin sjaa, brokoli juga dikenal sebagai sumber antioksidan yang sangat bagus untuk tubuh.

3. Buah Beri

Menurut sebuah penelitian, senyawa antioksidan yang terdapat di dalam buah beri mampu memberikan efek positif bagi otak. Buah beri memang dikenal memiliki senyawa antioksidan yang beragam dan dalam kadar yang cukup tinggi. Senyawa ini nantinya mampu meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak, memori, konsentrasi hingga menunda penyakit neurodegeneratif terkait usia.

4. Jeruk

Dikenal sebagai sumber vitamin C, jeruk mampu mencegah timbulnya gejala penurunan fungsi mental. Vitamin C mengandung antioksidan yang sangat kuat dalam mencekal radikal bebas penyebab kerusakan sel otak masuk ke dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi buah jeruk secara teratur akan melindungi kalian dari penurunan mental akibat usia.

5. Telur

Tahukah kalian? Telur merupakan salah satu makanan penambah daya ingat seseorang loh Sahabat Dream. Pasalnya, telur memiliki kandungan vitamin B6, vitamin B12 serta asam folat di dalamnya. Bahkan, sebuah studi menyatakan, vitamin yang etrkandung di dalam telur sangat bagus untuk menunda penurunan kognitif. Selain itu juga bisa mencegah penyusutan otak.

6. Cokelat Hitam

Bubuk kakao atau coklat hitam memiliki kandungan antioksidan, kafein serta flavonoid yang sangat tinggi. Flavonoid merupakan senyawa yang memiiliki peranan penting dalam memori pada otak. Beberapa peneliti bahkan mengatakan, senyawa flavonoid akan meningkatkan daya ingat seseorang. Menariknya juga akan memperlambat penurunan mental akibat usia.

7. Kacang dan Biji

Tidak perlu diragukan kembali, biji-bijian serta kacang-kacangan mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin E yang sangat tinggi. Kedua senyawa tersebut ternyata sangat dibutuhkan otak untuk melindungi sel-selnya dari stres oksidatif.

Bagi yang belum tahu, stres oksidatif diakibatkan dari adanya radikal bebas yang masuk dalam jumlah besar. Bahkan, sebuah penelitian mengatakan, kedua makanan ini berkaitan dengan fungsi otak di masa tua yang lebih baik lagi.

8.  Minyak Ikan

Asam lemak omega-3 memiliki peranan penting dalam kesehatan otak seseorang. Terdapat beberapa ikan yang memang dikenal mengandung senyawa omega-3 yang sangat tinggi. Misalnya seperti ikan salmon, mackerel, sarden, tuna serta ikan herring. Menurut sebuah penelitian, seseorang yang memiliki kadar asam lemak omega-3 yang tinggi akan mengalami peningkatakan laju aliran darah di tubuh terutama otak.

9. Teh Hijau

Selain makanan, terdapat minuman yang bisa diandalkan untuk meningkatkan memori seseorang. Salah satu minuman tersebut yaitu teh hijau. Minuman teh jenis ini ternyata bisa meningkatkan daya ingat, fokus serta kewaspadaan. Hal tersebut dikarenakan teh hijau mengandung asam amino berupa L-theanine yang sangat banyak. Senyawa ini berfungsi untuk meningkatkan aktivitas neurotransmitter.

10. Kopi

Tidak selama kafein itu membahayakan tubuh. Terbukti kandungan kafein dan antioksidan di dalam kopi mampu memberikan dampak positif bagi otak. Tahukah kalian? Kafein bisa meningkatkan kewaspadaan otak secara efektif. Senyawa ini nantinya akan memblokir adenson atau bahan kimia yang berkaitan dengan rasa kantuk. Selain itu, kafein juga akan meingkatkan serotonin atau neurotransmitter yang baik bagi otak.