MRI Jember Gelar Volunteer Gathering ke-9 di Taman Nasional Meru Betiri

Jember, relawan.id – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jember mengadakan kegiatan Volunteer Gathering di Kawasan Camping Ground Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) Dusun Mandilis Desa Sanenrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Jawa Timur pada Sabtu dan Ahad (5/10/2019). Bertema “Pemberdayaan dan Penghijauan”.

Kegiatan yang dilakukan selama dua hari ini memiliki tujuan untuk edukasi tentang dunia kerelawanan yang telah dilakukan MRI di Jember selama ini.

Acara untuk umum ini dihadari banyak Peserta dan Komunitas Seperti Mahasiswa, Relawan Masjid, Relawan Rumah Zakat, Relawan YDSF, Laskar pelangi hingga dari kalangan korporasi seperti Eiger. Rangkaian Acara kegiatan ini antara lain Diskusi kerelawan, Pemberdayaan Masyarakat hingga kegiatan penghijaun di Kawasan TNMB.

Wahyu S Permana Selaku Korda MRI Jember menjelaskan bahwa kegiatan Volunteer Gathering ini merupakan kegiatan ke 9 yang rutin dilakukan oleh MRI sebagai ajang untuk saling mengenalkan dunia kerelawanan kepada masyarakat umum yang ada di Jember.

“Ini sudah ke 9 kalinya kita adakan di Jember, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas utamanya anak muda di jember untuk lebih mengenal dunia kerelawanan sehingga akan lebih banyak lagi masyarakat yang dapat bergabung menjadi relawan,” katanya.

Terkait pemilihan lokasi, Wahyu mengungkapkan MRI Jember sengaja memilih lokasi Kawasan TNMB di Dusun Mandilis karena cocok dengan kegiatan yang akan dilakukan seperti penghijauan dan pemberdayaan masyarakat.

“Tema kita pada Volunteer Gathering kali ini memang tentang penghijauan dan pemberdayaan, kita ingin masyarakat sadar bahwa menghijaukan area-area rawan bencana ini baik untuk masa depan mereka seperti Kawasan mandilis ini yang rawan longsor, jadi kita edukasi masyarakat dan peserta relawan untuk melakukan penghijaun, Selain itu kita juga sudah mulai melakukan pemberdayaan kepada masyarakat dengan produk Madu Mandilis dan Tape Pisang, harapannya relawan juga harus punya daya manfaat untuk masyarakat sekitar,” tegasnya.

Staff Program ACT Jember Dani Ardissa menjelaskan kegiatan Volunteer Gathering ke 9 yang dilakukan MRI Jember selain untuk memperkenalkan dunia kerelawanan juga merupakan wujud komitmen MRI Jember untuk memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat seperti program penghijaun dan program pemberdayaan masyarakat sekitar TNMB.

“Tujuan utama dari kegiatan ini memang untuk memberikan Pendidikan kerelawanan bagi peserta kegiatan, namun lebih jauh lagi tujuannya ya untuk mengedukasi relawan agar relawan ini tidak hanya aktif saat bencana terjadi namun juga saat tidak ada bencana seperti melakukan usaha bersama masyarakat”. Tutupnya 

Sebagai Informasi Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jember melakukan pemberdayaan bersama masyarakat dusun mandilis dengan produk yang diikembangkan yaitu Madu Hutan Mandilis dan Tape Pisang.