MRI Kolaka Galang Dana untuk Korban Gempa Ambon dan Kerusuhan Wamena

Kolaka, relawan.id – Guna meringankan beban masyarakat yang terdampak gempa bumi berk ekuatan 6,8 magnitudo di Maluku dan peristiwa Wamena, Papua. Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kolaka melakukan penggalangan dana.

Kabid relawan MRI Sulawesi Tenggara, Maulid mengatakan penggalangan dana ini dilakukan untuk meringankan korban gempa Ambon dan kerusuhan Wamena.

Dalam aksi penggalangan dana ini, mahasiswa tampak dilengkapi atribut HMI, beserta karton yang disodorkan ke penngendara yang melintas di area Tugu Air Mancur Rujab Bupati Kolaka dan Bank BNI Syariah Cabang Kolaka. Penggalangan dana ini dilakukan selama 4 hari.

“Ayo kita bantu sesama dan keluarga kita yang menjadi korban bencana alam di Ambon, dan korban kerusuhan di Wamena, semoga melalui donasi kemanusiaan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musibah,” kata Maulid, Kamis (10/10/2019)

Berdasarkan laporan dari BPBD Provinsi Maluku tanggal 29 September 2019, jumlah korban bencana gempa bumi yang meninggal dunia 30 orang dan luka-luka sebanyak 156 orang.

Sementara itu, berdasarkan data Kodim 1702/Jayawijaya, ada 33 orang korban tewas akibat kerusuhan yang terjadi di Wamena. Presiden Jokowi menyebut kerusuhan itu ulah kelompok kriminal bersenjata.