MRI Sumsel: Kabut Asap di Palembang Tidak Sehat

Palembang, relawan.id – Kabut asap akibat karhutla masih menyelimuti Palembang, Sumatera Selatan hingga hari ini, kualitas udara menunjukan status sangat tidak sehat. Akibatnya beberapa sekolah terpaksa di liburkan.

Humas Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumsel, Rendi Jalil mengatakan kondisi udara di Palembang sangat tidak sehat, bahkan dia mengaku sebelum kabut asap pekat di hari Senin (14/10/2019), malam harinya asap sudah cukup pekat.

“Kemarin Senin lebih parah kabut asap, itu juga malamnya sudah terasa sesak kalau bernafas. Memang ini sih nggak separah kemarin, tapi sudah ada asap,” katanya, Rabu (16/10/2019).

Sementara melihat data Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU), yang berada di simpang DPRD Sumsel kini berstatus ‘Sangat Tidak Sehat’. Status ini tercatat jelas di papan ISPU milik DLHK Sumsel.

“Kalau lihat papan ISPU status udara ya sudah Sangat Tidak Sehat. Status sudah sejak beberapa hari, setiap lewat sini ya pasti begitu,” ujarnya.

Melihat kondisi udara yang tidak sehat, masyarakat selalu menggunakan masker saat keluar rumah. Bahkan dia mengatakan masker sudah menjadi salah satu kewajiban.

“Wajib pakai masker, kalau tidak sesak napas, karena asap ini bukan hanya asap tapi ada debu arangnya,” tukasnya..